Siapakah yang Menguasai Dunia, Yesus atau Setan?

iblis atau setan memerintah dunia ini menurut saksi yehuwa
Siapakah Sebenarnya Penguasa Dunia ini?
SIAPAKAH PENGUASA DUNIA ini, Yesus ataukah Iblis/Setan? Jika pertanyaan ini diajukan kepada Saksi Yehuwa maka akan dijawab dengan gamblang “Setan/Iblis”.

Pertama kali saya mendengar jawaban tersebut sempat terheran-heran karena Alkitab jelas mengatakan bahwa Allah lah Sang Pencipta langit dan bumi lalu koq bisa ya dunia ini dikuasai oleh Setan (Kej. 14:22). Bahkan di dalam Alkitab Terjemahan Dunia Baru, milik Lembaga Menara Pengawal mengatakan, “Karena kekuasaan sebagai raja adalah milik Yehuwa; Dan dia menguasai bangsa-bangsa dan Yehuwa-lah yang memiliki bumi dan segala isinya, Tanah yang produktif dan mereka yang tinggal di sana” (Maz. 22:28, Maz. 24:1). 
Kita lihat kutipan dari majalah Menara Pengawal yang menjelaskan mengenai hal ini sebagai buktinya:

Siapa sebenarnya penguasa dunia ini?

Banyak orang percaya bahwa Allah-lah penguasa dunia ini. Jika itu benar, tidak mungkin bumi dipenuhi begitu banyak penderitaan. (Ulangan 32:4, 5) Menurut Alkitab, dunia ini dikuasai oleh suatu makhluk jahat.—Baca 1 Yohanes 5:19. (di sini)
Dari kutipan tersebut, organisasi Saksi Yehuwa mendasari keyakinannya Iblis sebagai penguasa dunia ini berdasarkan 1 Yoh. 5:19:

Kita tahu, bahwa kita berasal dari Allah dan seluruh dunia berada di bawah kuasa si jahat (LAI)

Kita tahu bahwa kita berasal dari Allah, tetapi seluruh dunia berada dalam kuasa si fasik (TDB)

We know that we are children of God, and that the whole world is under the control of the evil one (NIV)

We know that we are from God, and the whole world lies in the power of the evil one (ESV)
Lalu menurut Saksi Yehuwa, sampai sejauh manakah pengaruh kuasa Setan ini? Pemerintahan dunia dengan politiknya dan Perserikatan Bangsa-Bangsa berada dalam kendali Iblis. Perhatikan kutipan berikut ini:

Setan si Iblis dan hantu-hantunya adalah penguasa juga. Ia dikatakan sebagai ”penguasa dunia ini” dan ”penguasa dari wewenang udara”. (Yoh 12:31; 14:30; Ef 2:2) Bukti bahwa semua pemerintah dunia ini berada di bawah kuasanya terlihat sewaktu ia menawarkan itu semua kepada Yesus Kristus sebagai ganti suatu tindakan penyembahan. (Mat 4:8, 9) Pemerintah-pemerintah ini memperoleh wewenang mereka dari Setan. (Pny 13:2) Di dalam organisasinya, hantu-hantu pun menjalankan kuasa pemerintahan. Mereka disebut ”para penguasa dunia dari kegelapan ini”, yang telah menjalankan wewenang atas kuasa-kuasa dunia dalam sejarah, misalnya, ’pangeran-pangeran’ yang tidak kelihatan atas Persia dan Yunani. (Ef 6:12; Dan 10:13, 20) Tentu saja, penguasa mereka adalah si Iblis sendiri.—Mat 12:24. (Pemahaman 1, hlm. 1341)

Sesungguhnya, Perserikatan Bangsa-Bangsa tidak pernah dapat menjadi kekuatan untuk perdamaian yang sejati. Penunggangnya, ”Babel besar”, adalah salah satu dari pencetus peperangan yang paling jahat dalam sejarah, dan ia ”mabuk oleh darah orang-orang kudus dan darah saksi-saksi Yesus”. (Wahyu 17:6) Peperangan-peperangan dari bangsa-bangsa yang mendukung organisasi itu telah menggenangi bumi ini dengan darah. (Matius 24:6, 7) Dan kuasa yang ada di belakang mereka, Setan si Iblis, ”naga besar itu”, bukanlah pencipta perdamaian. (Wahyu 12:9, 17; 13:2) Umat manusia tidak pernah akan menikmati keamanan selama perkara-perkara ini ada. Mereka harus disingkirkan. (Menara Pengawal, w85_s-16 hlm. 16)
Daftar hal-hal yang dikuasai oleh setan tidak berhenti di atas saja, di luar organisasi Yehuwa, hampir seluruh aspek kehidupan dikuasai oleh Setan. Tentunya termasuk seluruh gereja-gereja. Perhatikan salah satu contoh kutipan ini:

Menurut Alkitab, Setan adalah ilah sistem ini, sehingga, sadar atau tidak, bangsa-bangsa melayani dia. (2 Korintus 4:3, 4, NW) Keadaan ini disingkapkan dalam susunan sistem dunia yang ada sekarang, yang dibangun atas nasionalisme yang picik, kebencian, dan kepentingan diri sendiri. Ini diorganisasi menurut cara yang Setan inginkan—untuk membuat umat manusia tetap berada di bawah kendalinya. . . . Dunia menganut standar-standar Setan yang tidak benar, dengan demikian menjadikan dia ilahnya. . . . ini adalah ”udara” yang dibahas Paulus ketika ia menyebut Setan ”penguasa dari kuasa atas udara.” (Efesus 2:2, NW) Ini adalah ”udara” jahat yang dihirup dunia dewasa ini, semangat, atau kecenderungan mental pada umumnya, yang mencirikan seluruh sistemnya yang jahat, cara berpikir yang jahat yang merembes ke dalam tiap segi kehidupan di luar organisasi Yehuwa. . . Jadi, dunia Setan akan menghadapi penghukuman Yehuwa yang adil dan benar. (Wahyu Klimaksnya, hlm. 228, 234, bold dan merah dari saya)
Apakah pemahaman Saksi Yehuwa tersebut akurat? Menurut saya tidak! Ada alasan tersembunyi mengapa organisasi Saksi Yehuwa meng-iblis-kan segala sesuatunya yaitu untuk membentuk pola pikir hitam/putih sehingga para Saksi Yehuwa hidup dalam rasa takut akan dunia ini dan isinya (baca phobia). Beberapa alasan tafsiran Saksi Yehuwa tidaklah akurat adalah pertama, Alkitab mengatakan bahwa Yang Mahatinggi adalah “Penguasa atas kerajaan manusia dan bahwa ia memberikannya kepada orang yang ia kehendaki

Karena kekuasaan sebagai raja adalah milik Yehuwa, Dan dia menguasai bangsa-bangsa (Maz. 22:28, TDB).

dengan maksud agar orang-orang yang hidup mengetahui bahwa Yang Mahatinggi adalah Penguasa atas kerajaan manusia dan bahwa ia memberikannya kepada orang yang ia kehendaki, dan ia mengangkat kepada kedudukan itu bahkan orang yang paling rendah dari antara umat manusia (Dan 4:17, TDB)
Dari 3 kutipan (termasuk Maz. 22:28) tersebut di atas jelas bahwa Allah Yehuwa lah penguasanya. Lalu kepada siapakah kekuasaan Allah Yehuwa diberikan? Nah ini merupakan alasan kedua, yaitu ketika Kristus berkata:

Semua wewenang di surga dan di bumi telah diberikan kepadaku. (Mat. 28:18, TDB)
Bahkan dalam Efesus 1:18-22 dinyatakan bahwa segala kuasa [pemerintahan, penguasa dan kekuasaan dunia ini dan di dunia yang akan datang] diletakkan di bawah kaki Kristus: 

Dan supaya Ia menjadikan mata hatimu terang, agar kamu mengerti pengharapan apakah yang terkandung dalam panggilan-Nya: betapa kayanya kemuliaan bagian yang ditentukan-Nya bagi orang-orang kudus, dan betapa hebat kuasa-Nya bagi kita yang percaya, sesuai dengan kekuatan kuasa-Nya, yang dikerjakan-Nya di dalam Kristus dengan membangkitkan Dia dari antara orang mati dan mendudukkan Dia di sebelah kanan-Nya di sorga, jauh lebih tinggi dari segala pemerintah dan penguasa dan kekuasaan dan kerajaan dan tiap-tiap nama yang dapat disebut, bukan hanya di dunia ini saja, melainkan juga di dunia yang akan datang. Dan segala sesuatu telah diletakkan-Nya di bawah kaki Kristus dan Dia telah diberikan-Nya kepada jemaat sebagai Kepala dari segala yang ada. Jemaat yang adalah tubuh-Nya, yaitu kepenuhan Dia, yang memenuhi semua dan segala sesuatu. (LAI)
Sekarang sudahkah Anda memahami siapakah yang menguasai dunia, Yesus atau Setan?

Jika dunia ini dibawah kendali Yesus, lalu tentunya kita bertanya-tanya; pemahaman apakah yang akurat dari 1 Yoh. 5:19, “seluruh dunia berada di bawah kuasa si jahat”? Artikel Siapakah Penguasa Dunia ini (1 Yoh. 5:19)? akan membahasnya.

Untuk mengetahui siapa dan apa di balik organisasi dan ajaran Saksi Yehuwa, silahkan klik Membongkar Inti Agama Saksi Yehuwa: Kristen Sejati, Sesat atau Kultus? dan buktinya sendiri apakah organisasi Saksi Yehuwa sebuah gerakan Kristen sejati ataukah grup kultus berkedok agama Kristen berdasarkan publikasi dan praktek yang diterapkan dan diajarkan di dalam organisasi tersebut.

Bagaimana pendapat Saudara artikel Siapakah yang Menguasai Dunia, Yesus atau Setan?

Soli Deo Gloria

Sebab banyak penyesat telah muncul dan pergi ke seluruh dunia, yang tidak mengaku, bahwa Yesus Kristus telah datang sebagai manusia. Itu adalah si penyesat dan antikristus. (2 Yohanes 1:7)


Artikel Terkait:
1. Saksi Yehuwa: Penyembah Berhala Modern
2. Mengungkap Organisasi Allah Berkedok Agama Kristen
3. Fakta Saksi Yehuwa: Suatu Kultus Dan Nabi Palsu
4. Saksi Yehuwa Pemberita Injil Sejati Atau Palsu?
5. Siapakah AntiKristus (1 Yohanes 2:22)?

9 comments :

  1. Kalau menurut saya, dunia ini 100% dimiliki oleh Tuhan Yesus. Tetapi Setan (menguasai)/memengaruhi Sebagian besar manusia di dunia ini. Khan pengelola/manager dunia ini umat manusia seperti tercantum di Alkitab. Jadinya dunia (maksudnya umat manusia) ini Sebagian besar di kuasai oleh setan. Itu ada benarnya gak bung Awi?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Dear Sdr Yusuf

      Tidak ada penguasaan dunia ini oleh Setan. Yg ada adalah Setan diijinkan Allah utk menyesatkan manusia utk sementara waktu.

      Salam kasih Tuhan Yesus

      Delete
    2. Sudah terang dan jelas 1 Yohanes 5:19,Lukas 4:5-7 menyebutkan seluruh dunia berada di kuasa si jahat.
      Oleh sebab itu ada peringatan di Wahyu 12:12 dan 1 Petrus 5:8 untuk semua. Jangan kita kira setan berkuasa hanya pada orang yang tidak percaya. Orang yang percaya saja bisa di selewengkan menjadi orang tidak percaya. Jadi jangan takabur dengan berkata tidak ada penguasaan dunia oleh Setan. Sewaktu waktu Setan bisa menguasai hati dan pikiran orang percaya, jika tidak berjaga-jaga.

      Delete
    3. Dear Sdr Anonim

      Jika memang si Jahat menguasai dunia ini, apakah Anda setuju kuasa si Jahat melebihi Yehuwa yg maha kuasa krn dunia ini bisa berada di dalam kuasa si Jahat?

      Salam kasih Tuhan Yesus

      Delete
  2. Loh jangan pakai kata "jika" lagi dong kalau bunyi ayatnya sudah jelas begitu.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Dear Sdr Anonim atau tepatnya Dr kali ya :-)

      Begitu sulitkah menjawab pertanyaan saya sehingga Anda perlu berkelit dng berkata "bunyi ayatnya sudah jelas begitu"?

      Sebagian memang ada yg menerjemahkan 1 Yohanes 5:19 sebagai "seluruh dunia berada di bawah kuasa si jahat atau the evil one" tetapi ada juga bbrp terjemahan tidak mengatakan demikian misalnya:

      - And we know that we are of God, and the whole world lieth in wickedness (KJV)

      - . . . the whole world lies in wickedness (Jubilee Bible 2000)

      - . . . and the whole world is seated in wickedness (Douay-Rheims Bible)

      - . . . the whole world lieth in wickedness (Webster's Bible Translation)

      Jd pernyataan Anda yaitu "bunyi ayatnya sudah jelas begitu" tidaklah sah krn ada koq bbrp terjemahan mengatakan "berada dalam kejahatan/kefasikan", bukan Si Jahat.

      Bgm dng Luk 4:5-7:

      Kemudian ia membawa Yesus ke suatu tempat yang tinggi dan dalam sekejap mata ia memperlihatkan kepada-Nya semua kerajaan dunia. Kata Iblis kepada-Nya: "Segala kuasa itu serta kemuliaannya akan kuberikan kepada-Mu, sebab semuanya itu telah diserahkan kepadaku dan aku memberikannya kepada siapa saja yang kukehendaki. Jadi jikalau Engkau menyembah aku, seluruhnya itu akan menjadi milik-Mu."

      Jawabannya adalah Iblis adalah Bapak Pendusta (Yoh. 8:44). Ketika Iblis mengatakan "semuanya itu telah diserahkan kepadaku" tidaklah benar dan sebuah dusta krn tidak ada satupun ayat Alkitab yg mengatakan bahwa Allah memberikan suatu kuasa dan kemuliaannya kepada Iblis.

      Sebaliknya, yg ada adalah pernyataan Kristus "Semua wewenang di surga dan di bumi telah diberikan kepadaku" (Mat. 28:18, TDB)

      Yg ingin Anda percaya perkataan Iblis ataukah Yesus?

      Setelah saya jelaskan, bisakah Anda menjawab pertanyaan saya yg belum Anda jawab:

      Jika memang si Jahat menguasai dunia ini, apakah Anda setuju kuasa si Jahat melebihi Yehuwa yg maha kuasa krn dunia ini bisa berada di dalam kuasa si Jahat?

      Jika Anda tidak mampu menjawabnya maka Anda sadari atau tidak, ajaran SSY adalah keliru sama seperti tentang hari ulang tahun.

      Salam kasih Tuhan Yesus

      Delete
  3. Sdr DR jangan berteori, tapi diaplikasikan dong.

    Jika dunia dikuasai setan

    Bisa nggak setan membuat gunung non aktif mbledos?
    Setan tidak menciptakan apapun....jadi tidak punya kuasa sedikit pun atas ciptaan Tuhan.

    Coba apa anda pernah berpikir yg beda dari isi majalah mp? Pasti dilarang.
    Kapan setan diberi kuasa atas dunia ?

    Setan hanya bisa menyesatkan pikiran manusia, setuju? Itu bukan kuasa atas kehendak bebas manusia. Jika sebuah kuasa...maka manusia tidak punya pilihan lagi otomatis langsung diperintah setan. Sebaliknya manusia bisa menolak bujukan setan. Artinya kekuasaan ada di manusia, bukan setan.

    Setan bisa merasuki orang lemah. Orang yg lagi kosong dan ngelamun bisa kemasukan roh jahat. Apakah itu sebuah kuasa atas manusia? Bukan, itu hanya kendali terbatas, sebatas korban kerasukan dibawah kendali sementara roh jahat tidak bisa berbuat macam2, hanya bisa mengamuk, tertawa, mengancam saja.

    Gunung, laut, angin, cuaca tidak bisa diatur2 setan.
    Beragam benda mati dan makhluk hidup, bukan setan yg berkuasa, tapi manusia yg berkuasa.
    Manusia bisa menolak setan.
    Kesimpulannya isi majalah MP adl NGAWUR, tidak sesuai fakta alias dusta.

    Salam
    AS

    ReplyDelete
  4. Setan itu berkeliaran, bisa diusir, tinggal ditempat jorok dan gelap. Gitu kok dipercaya menguasai dunia. Dimana-mana penguasa itu tinggal di tempat yg bagus enak bersih nyaman yaitu surga tempat tinggal Allah sbg satu2 nya penguasa dunia dan akherat.

    Barangkali kasus Ayub dijadiin bukti bahwa setan bisa memusnahkan harta manusia, bisa membunuh nyawa orang...ya itu keliru yg dibikin seolah2 benar. Buktinya adl Allah bisa memulihkan harta Ayub dan menghidupkan kembali dan setannya ngacir....cirr.

    Salam
    AS

    ReplyDelete
  5. Kalo saya baca keseluruhan 1Yoh 5:13-21 yg ada ayat seluruh dunia berada dibawah kuasa si jahat itu rasul Yohanes membahas tentang dosa.

    Kalo si jahat kita ganti dengan kata "dosa" kalimatnya lebih mudah dipahami ".....seluruh dunia berada dibawah kuasa dosa". Memiliki arti semua orang lemah thd dosa, gampang berbohong, kadang korupsi, materialistis, dan berbagai kedosaan lain. Sangat sulit menemukan orang yg suci sejak balita.

    Kalo si jahat diganti dg setan ya hasilnya seperti isi majalah MP, padahal rasul Yohanes tidak ngomongin tentang fisik wilayah di muka bumi, tapi ngomongin hal rohani.

    Salam
    AS

    ReplyDelete

Tolong SEBUTKAN Nama Atau Initial Anda saat memberi komentar agar memudahkan Mitra diskusi Anda mengidentifikasikan Anda.

Non Kristiani, mohon tidak memberi komentar.

Jika Anda ingin komentar, silahkan klik DI SINI DULU

.