Siapakah Penguasa Dunia ini (1 Yoh. 5:19), Apa Artinya?

Apakah Maksud Iblis Penguasa Dunia Ini?
SAKSI-SAKSI YEHUWA percaya bahwa setiap aspek kehidupan dunia ini, termasuk pemerintahan dunia dan Perserikatan Bangsa-Bangsa dikuasai oleh Setan/Iblis berdasarkan 1 Yoh. 5:19, “Kita tahu bahwa kita berasal dari Allah, tetapi seluruh dunia berada dalam kuasa si fasik” (TDB). Dan saya sudah jelaskan di artikel Siapakah yang Menguasai Dunia, Yesus atau Setan? bahwa berdasarkan Alkitab penguasa dunia ini adalah Yesus Kristus. Lalu pertanyaannya adalah bagaimana tafsiran saya atas ayat 1 Yoh. 5:19 yang secara eksplisit mengatakaan bahwa “seluruh dunia berada dalam kuasa si fasik [si jahat, LAI]”?

Konsep dasar memahami maksud 1 Yoh. 5:19 adalah cerita tentang Ayub di mana Allah mengizinkan Iblis untuk mencobai Ayub. Dalam cerita Ayub jelas Allah lah yang memiliki otoritas tertinggi karena setiap hal-hal jahat atau malapetaka yang ditimpakan Setan kepada Ayub hanyalah berdasarkan izin dari Allah saja.

Apakah maksud “seluruh dunia berada dalam kuasa si fasik”? Untuk memahaminya kita harus melihat dari ayat 18, 19 yaitu “Kita tahu, bahwa setiap orang yang lahir dari Allah, tidak berbuat dosa; tetapi Dia yang lahir dari Allah melindunginya, dan si jahat tidak dapat menjamahnya. Kita tahu, bahwa kita berasal dari Allah dan seluruh dunia berada di bawah kuasa si jahat” (LAI). Memang si fasik memiliki kuasa terhadap seluruh dunia ini. Namun demikian, kuasa yang dimilikinya terbatas. Si jahat tidak dapat menjamah umat yang lahir dari Allah yang masih hidup di dunia ini karena umat Allah terlindungi. 

Kita tahu bahwa ada 2 golongan yang bersama-sama masih hidup di dunia ini yaitu umat Allah yang dilahirkan dari Allah dan orang-orang yang tidak dilahirkan dari Allah [orang yang tidak percaya]. Nah, ayat 18 jelas mengatakan bahwa umat Allah tidak berada dalam kuasanya [tidak dapat dijamah Setan]. Sebaliknya, ada orang-orang lain yang hidup di dunia ini berada dalam kuasa si jahat. Siapakah? Orang-orang yang tidak dilahirkan dari Allah alias tidak percaya. Dengan demikian, maksud ayat 19 “Kita tahu, bahwa kita berasal dari Allah dan seluruh dunia berada di bawah kuasa si jahat” adalah adanya 2 golongan yaitu golongan pertama yang berasal dari Allah dan golongan kedua adalah orang-orang lainnya yang tidak percaya. Golongan kedua lah yang berada dalam kuasa si jahat. 

Pemahaman saya ini didukung oleh Efesus 2:2 yang berkata bahwa setiap orang berdosa hidup “mengikuti jalan dunia ini, karena mentaati penguasa kerajaan angkasa, yaitu roh yang sekarang sedang bekerja di antara orang-orang durhaka”. Dan 2 Kor. 4:4 berkata, “allah sistem ini [ilah zaman ini, LAI]” membutakan pikiran orang-orang yang tidak percaya” (TDB). Jadi sekarang menjadi lebih jelas lagi yaitu orang-orang tidak percaya mentaati roh atau ilah zaman ini.

Jadi kuasa si Jahat terbatas, hanya berkuasa atas seluruh orang-orang yang tidak percaya saja. Jadi seluruh orang-orang yang tidak percayalah yang berada dalam kuasa si fasik. (1 Yoh. 5:19). Sebaliknya, umat percaya [berasal dari Allah] telah dilepaskan Kristus dari kuasa kegelapan dan memindahkannya ke dalam Kerajaan Kristus-Nya (Kolose 1:13). 


Bagaimana dengan Saksi-Saksi Yehuwa? Jutaan Saksi-Saksi Yehuwa berada dalam kuasa si jahat karena mereka tidak dilahirkan dari Allah. Doktrin Saksi Yehuwa mengajarkan hanya 144,000 orang saja yang dilahirkan dari Allah. Baca artikel Dusta dan Mitos: Lahir Baru Hanya 144,000.

Nah, jika ajaran Saksi Yehuwa mengajarkan bahwa seluruh dunia ini [termasuk politik, bahkan Perserikatan Bangsa-Bangsa] berada dalam kuasa si Jahat sungguh tafsiran yang terlalu jauh karena Roma 13:1,4 jelas mengatakan bahwa “tidak ada pemerintah, yang tidak berasal dari Allah; dan pemerintah-pemerintah yang ada, ditetapkan oleh Allah dan pemerintah adalah hamba Allah untuk kebaikan kita”. Bagaimana mungkin pemerintah adalah hamba Allah untuk kebaikan manusia dan bersumber dari Allah lalu kemudian dikuasai oleh Setan?

Namun demikian, jika Anda berdiskusi dengan Saksi Yehuwa, mereka akan membantah hal ini dengan menunjukkan cerita tentang pencobaan Yesus oleh Iblis yaitu ketika Yesus ditawarkan seluruh kerajaan dunia ini jika Dia menyembah Setan. Saksi Yehuwa berargumen bahwa tidak mungkin Iblis menawarkan seluruh kerajaan dunia kepada Kristus jika Iblis tidak memilikinya. Bagaimanakah jawabannya? Artikel Apakah Setan Penguasa dan Pemilik Dunia Ini?

Untuk mengetahui siapa dan apa di balik organisasi dan ajaran Saksi Yehuwa, silahkan klik Membongkar Inti Agama Saksi Yehuwa: Kristen Sejati, Sesat atau Kultus? dan buktinya sendiri apakah organisasi Saksi Yehuwa sebuah gerakan Kristen sejati ataukah grup kultus berkedok agama Kristen berdasarkan publikasi dan praktek yang diterapkan dan diajarkan di dalam organisasi tersebut.

Bagaimana pendapat Saudara artikel Siapakah Penguasa Dunia ini (1 Yoh. 5:19), Apa Artinya?

Soli Deo Gloria

Sebab banyak penyesat telah muncul dan pergi ke seluruh dunia, yang tidak mengaku, bahwa Yesus Kristus telah datang sebagai manusia. Itu adalah si penyesat dan antikristus. (2 Yohanes 1:7)


2 comments :

  1. Ketika iblis menawarkan seluruh kerajaan dunia kepada Yesus, saat itu iblis sedang berbohong kepada Yesus, dan Yesus mengetahuinya sehingga Yesus tidak mau menurutinya.... hahaahaha

    ReplyDelete
  2. Siapakah penguasa dunia?

    Preman tanah abang, preman Tanjung Priok, preman pasar Senen, dll

    Apakah tanah abang kepunyaan si abang preman? Tentu bukan, tapi si preman self proclaim dialah yg punya wilayah tanah Abang. Siapa saja yg ngaku berkuasa di wilayah tertentu dialah penguasa dunia.

    Coba perhatiin dua sosok mengerikan berikut: Vladimir Putin dan Kim Jong Il, dua contoh orang yg punya hasrat membunuh orang dan sanggup melenyapkan nyawa orang atas dasar suka dan tidak suka. Vladimir Putin bisa melenyapkan orang tanpa bukti tau2 targetnya modar (serem bukan) (Vladimir Putin muda muncul juga di majalah watchtower). Dan yg tega terang2an membunuh masal adl Kim Jong Il. Seoul, Tokyo, New York, California, San Fransisco, Miami, Washington tiap detik bisa dihadiahi nuklir. Itu kota2 padat penduduk yg rentan.

    Cina dan Rusia tidak bakal nyerang Amerika, secara Cina dan Rusia berdagang juga dengan Amerika dan Jepang, tapi Kim Jong Il tidak butuh siapa2 di dunia ini karena dialah satu2 nya penguasa dunia, kecuali Cina dan Soviet baru ngeper.

    Salam
    AS

    ReplyDelete

Tolong SEBUTKAN Nama Atau Initial Anda saat memberi komentar agar memudahkan Mitra diskusi Anda mengidentifikasikan Anda.

Non Kristiani, mohon tidak memberi komentar.

Jika Anda ingin komentar, silahkan klik DI SINI DULU

.