Apakah Roh Kudus Tenaga Aktif Allah: Alkitabiah atau Mitos?

doktrin saksi yehuwa berdasarkan fakta alkitab atau fakta
Doktrin Saksi Yehuwa: Mitos Atau Fakta?
RAYMOND VICTOR FRANZ, mantan Badan Pimpinan Saksi-Saksi Yehuwa yang bertobat dan menjadi Kristen sejati, dalam buku fenomenalnya; Crisis of Conscience hlm. 274 mengatakan kebenaran sehubungan dengan mitos doktrin Saksi-Saksi Yehuwa berikut ini: “Charles Taze Russell mengikuti pemahaman orang-orang tertentu pada masanya, menjadi korban dari beberapa mitos yang mereka propagandakan sebagai “kebenaran yang disingkapkan”. Masing-masing pemimpin dari organisasi ini setelah itu mengikutinya, kadang-kadang turut berkontribusi mitos tambahan untuk mendukungnya atau mengelaborasi mitos dari aslinya”.

Charles Taze Russell followed the views of certain men of his time, was victimised by some of the myths they propaganded as "revealed truth". Each successive part of the organizational leadership has followed along, at times contributing additional myth in support of or in elaboration of the original myth
Mengapa saya katakan bahwa Ray Franz benar? Apakah buktinya? Artikel kali ini yaitu Apakah Roh Kudus Tenaga Aktif: Alkitabiah atau Mitos? membuktikan mitos doktrin Roh Kudus yang diyakini oleh Russell, presiden pertama Lembaga Menara Pengawal dan mitos tambahan yang dibuat di atas doktrin Russell oleh J.R Rutherford, presiden berikutnya. Kedua presiden tersebut adalah nabi-nabi palsu karena telah bernubuat kapan waktu kiamat

Pendiri Lembaga Menara Pengawal, yaitu Charles Russell menolak doktrin Tritunggal. Artinya, ia menolak Yesus Kristus dan Roh Kudus sebagai Allah sejati, satu hakekat dengan Allah Bapa. Doktrin Russell dipengaruhi oleh ajaran Arianisme. Bagi Russell, Roh Kudus bukanlah seorang pribadi melainkan hanyalah tenaga aktif Allah. Biasanya, Saksi Yehuwa memberi ilustrasi Roh Kudus sebagai tenaga listrik. Namun demikian, Russell percaya mitos bahwa semua pengikutnya yang berjumlah 144,000 orang akan berada di surga.

Presiden berikutnya, yaitu J.F Rutherford mewarisi doktrin anti-Tritunggal Russell. Namun demikian, seiring bertambah jumlah pengikut Bible Student yaitu melebihi 144,000 orang, Rutherford terpaksa mengubah dan menambahkan di atas mitos doktrin Russell pada tahun 1935 yaitu membagi seluruh pengikutnya menjadi dua kasta; kasta pertama disebut sebagai kaum terurap berjumlah 144,000 orang yang memiliki hak super istimewa yaitu berhak memerintah bersama Kristus di surga, menentukan keselamatan kekal jutaan Saksi Yehuwa dan hanya merekalah anak-anak Allah. Bagaimana dengan jutaan Saksi Yehuwa lainnya? Disebut sebagai kawanan besar, dijanjikan hidup kekal di bumi firdaus dan bukanlah anak-anak Allah. Baca di sini untuk mengetahui kepercayaan Saksi-Saksi Yehuwa.

Nah, kini waktunya saya membuktikan doktrin Roh Kudus dan pembagian 144,000 orang adalah doktrin mitos. Bagaimanakah? Dengan cara mengkajinya dengan pengajaran Saksi Yehuwa sendiri dalam majalah Menara Pengawal yang membahas tentang membiarkan Roh Yehuwa membimbing kehidupan para Saksi Yehuwa berikut ini: 

Biarkan Roh Yehuwa Membimbing Saudara

Berdoalah memohon roh kudus Allah, dan biarkan roh itu menuntun Saudara. (Lukas 11:13; Galatia 5:19-25) Jika Saudara berkanjang dalam dosa, Allah bisa mengambil roh-Nya dari Saudara. Setelah Daud berdosa sehubungan dengan Bat-syeba, ia memohon kepada Allah, ”Janganlah membuang aku dari hadapanmu; dan janganlah ambil roh kudusmu dari diriku.” (Mazmur 51:11) Karena berdosa dan tidak bertobat, Raja Saul memang kehilangan roh Allah. Saul berdosa karena mempersembahkan korban bakaran dan tidak membinasakan kambing-domba, ternak, dan raja orang Amalek. Setelah itu, Yehuwa mengambil roh kudus-Nya dari Saul.—1 Samuel 13:1-14; 15:1-35; 16:14-23. (Menara Pengawal, 15/11/2006 hlm. 21-25. Lihat di sini)
Dalam materi pengajaran ini organisasi Saksi Yehuwa meminta berdoa memohon Roh Kudus Allah agar membiarkan “Roh Yehuwa Membimbing” para Saksi Yehuwa dan “biarkan roh itu menuntun” para Saksi Yehuwa. Nah jika Anda seorang Saksi Yehuwa yang selalu mengklaim ajaran yang Anda terima adalah kebenaran sejati dan 100% berdasarkan Alkitab, saya memiliki tantangan untuk dijawab berikut ini:  

Jika Anda tergolong jutaan Saksi Yehuwa yang dijanjikan hidup di bumi firdaus dan bukanlah anak-anak Allah. 

  • Bagaimana Roh Kudus bisa membimbing dan menuntun jika Saudara bukanlah anak-anak Allah mengingat Roma 8: 14 mengatakan: “semua orang yang dipimpin oleh roh Allah, mereka ini adalah putra-putra Allah” (TDB)?
  • Alkitab terjemahan milik Saksi Yehuwa sendiri yaitu Terjemahan Dunia Baru mengatakan kalimat “semua orang”. Arti semua ya berarti seluruh manusia, tidak ada batasan jumlah tertentu bisa menjadi anak-anak Allah apalagi dibatasi sampai sejumlah 144,000 orang. Nah, dibagian manakah ada ayat Alkitab yang mengajarkan hanya 144,000 orang saja bisa menjadi anak-anak Allah?
Jika Saksi Yehuwa tidak mampu menjawab 2 tantangan pertanyaan tersebut. Mungkinkah ajaran yang Anda terima sebenarnya adalah mitos dan sesat karena tidak ada dasar Alkitabnya bahkan tidak masuk akal karena berkontradiksi; di satu pihak jutaan Saksi bukanlah anak-anak Allah yang dipimpin oleh Roh Allah dan di pihak lain meminta jutaan Saksi berdoa agar Roh Allah membimbing mereka?

Tentunya ajaran sesat dan mitos Saksi Yehuwa ini bukan hanya tentang Roh Kudus dan anak-anak Allah. Saya memiliki beberapa daftar tantangan bagi Saksi Yehuwa untuk menjawabnya dalam beberapa artikel berikut ini:

Saya percaya bahwa badan pimpinan [pemimpin tertinggi] Saksi-Saksi Yehuwa yang merupakan penyembahan berhala modern para Saksi Yehuwa menyebar-luaskan suatu mitos dan dusta agama yang menghalangi mereka mengenal dan mengasihi Allah

Apakah yang harus Anda lakukan sebagai seorang Saksi Yehuwa jika sadar bahwa selama ini Anda mempercayai doktrin palsu Lembaga Menara Pengawal? “Hai, umatku, keluarlah dari dalamnya,” demikian desak utusan Allah. (Why. 18:4) Sesungguhnya, sekaranglah waktunya untuk lari dari agama kultus berkedok agama Kristen! Tetapi, lari ke mana? Apakah berarti kita tidak perlu lagi beragama? Tidak, karena tidak ada masa depan bagi orang yang tidak mau mengenal Allah. (2 Tesalonika 1:6-9) Satu-satunya tempat perlindungan adalah percaya kepada Yesus Kristus sebagai Tuhan dan Juru Selamat pribadi karena Alkitab mengatakan, “barangsiapa yang berseru kepada nama Tuhan, akan diselamatkan”. (Roma 10:13). Organisasi agama palsu Saksi Yehuwa jelas tidak menyelamatkan.

Untuk mengetahui siapa dan apa di balik organisasi dan ajaran Saksi Yehuwa, silahkan klik Membongkar Inti Agama Saksi Yehuwa: Kristen Sejati, Sesat atau Kultus? dan buktinya sendiri apakah organisasi Saksi Yehuwa sebuah gerakan Kristen sejati ataukah grup kultus berkedok agama Kristen berdasarkan publikasi dan praktek yang diterapkan dan diajarkan di dalam organisasi tersebut.

Bagaimana pendapat Saudara artikel Apakah Roh Kudus Tenaga Aktif Allah: Alkitabiah atau Mitos??

Soli Deo Gloria

Sebab banyak penyesat telah muncul dan pergi ke seluruh dunia, yang tidak mengaku, bahwa Yesus Kristus telah datang sebagai manusia. Itu adalah si penyesat dan antikristus. (2 Yohanes 1:7)


Artikel Terkait:
1. Saksi Yehuwa: Penyembah Berhala Modern
2. Mengungkap Organisasi Allah Berkedok Agama Kristen
3. Fakta Saksi Yehuwa: Suatu Kultus Dan Nabi Palsu
4. Saksi Yehuwa Pemberita Injil Sejati Atau Palsu?
5. Siapakah AntiKristus (1 Yohanes 2:22)?

9 comments :

  1. Jangan2 nabi CTR mudanya diexkomunikasi beberapa gereja, shg motivasinya hanya membalas exkomunikasi yg pernah dialaminya dengan memberi bukti "nih, gue bisa berdikari dan melebihi gereja lu". Hanya imajinasi jangan dianggap serius ya.

    Piramid jelas mengelaborasi pikiran CTR dalam dalam, CTR cinta mati sama piramid.

    Salam
    AS

    ReplyDelete
  2. Bayangkan, jika ada gembala yg mengelaborasi kan piramid masuk ke dalam gereja, maka tidak butuh waktu lama untuk diexkomunikasi.

    Jasad Firaun yg tertidur memantapkan keyakinan nabi CTR, roh manusia mati ikut tidur. Dan keyakinan dosa Firaun dibebaskan oleh kematiannya.^_^,
    Ukuran ruang dalam piramid malah dijadikan dasar itung2an th 1914.

    Nabi CTR tidak mampu memisahkan hobi sejarah dari pekerjaan sbg gembala.
    Dan bukannya ziarah ke tanah suci, situs2 suci Israel, malah menziarahi musuhnya Musa yaitu kuburan jasad Firaun. CTR belum belajar kalau Israel dan Mesir itu sangat dekat, ya mending ke Israel dulu lihat2 Gunung Sinai, Gunung Horeb, danau Galilea, kota Jerusalem, kota Betlehem, Mamre, makam Abraham, makam Isaac, makam Yakub, bukit Golgota, dll biar tidak salah ajar dan salah tafsir dengan melihat sendiri akan memudahkan dia merekonstruksi ayat2 Alkitab.

    Kalau nabi JFR jelas2 mengelaborasi statistik

    Nabi NHK mengelaborasi manajerial SDM dijadikan mesin (alat produksi setelah alat percetakan).

    Salam
    AS

    ReplyDelete
  3. pak awi saya AL
    hampir semua artikel yang pak awi tulis sudah saya baca dan saya renungkan. tapi setelah saya renungkan saya rasa kalau pak awi memang ingin banyak saksi bertobat dan keluar dari ssy, kalau hanya dengan membaca blog ini saya rasa jauh dari kata sukses pak. saya pribadi tidak tahu apakah pak awi sudah melakukan cara lain selain menulis artikel di blog ini. di blog ini sudah lebih dari cukup bukti2 bahwa ssy itu agama palsu dan kultus.saya juga pernah search di google dan tidak terhitung banyak nya saya lihat blog2 seperti ini dalam bahasa selain indonesia. maka yang jadi pertanyaan saya adalah apakah semua bukti2 dan fakta2 yang sangat kuat tersebut tidak mampu menghentikan organisasi berbahaya ini ? biar saya perjelas lagi, mengapa tidak ada yang mengajukan ke pemerintah as agar organisasi ini di bubarkan eksistensinya ? atau apakah sudah ada yang pernah ? kalau kita hanya bicara sembunyi2 kita jelas akan kalah dengan ssy yang terang2 turun ke jalan. bukankah semua yang bicara di blog ini atas dasar kasih bukan benci ? saya tidak mengatakan cara pak awi salah tapi kurang efektif.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Halo Sdr AL,

      Mudah-mudahan ini menjawab pertanyaan Anda ya

      Mengapa pemerintah AS tidak menghentikan gerakan SSY ataupun grup kultus pada umumnya?

      Jawabannya:

      Undang-2 Amerika tidak mencampuri urusan agama yg dipeluk oleh warganya. Kebebasan utk memilih agama ataupun tidak memiliki agama sekalipun diserahkan kepada hak masing-2 warganya. Ini namanya hak asazi manusia utk memilih agamanya. Oleh karena itu, pemerintah tidak mengaturnya krn diserahkan kepada masing-2 orang.

      Bgmn dng di Indonesia? Bukankah dulu gerakan SSY dilarang oleh pemerintah Indonesia? Apakah pelarangan menghentikannya? Tidak tuh. Faktanya SSY secara sembunyi-2 juga berkembang. Jadi pelarangan memang tidak efektif. . . hanya menghambat.

      Pemerintah Indonesia melarang dng maksud baik. Tetapi tentunya jika Anda masih menjadi seorang SSY, Anda akan protes, bukan? Anda merasa dianiaya, hak asazi Anda terpasung dan malahan berpikir bahwa Anda sedang benar-2 menderita bagi Kristus.

      Mengenai penyesat yg akan bangkit sesuai dng peringatan Kristus sendiri sebelum kedatangan ke-2 nya. "Waspadalah supaya jangan ada orang yang menyesatkan kamu!" (Mat. 24:4)

      Jadi penyesat-2 (di luar SSY) itu akan semakin berjamur dan semakin banyak. Tidak akan pernah ditutup ataupun berhenti. Dan tugas orang Kristen adalah mewaspadai para penyesat itu. Itu saja. Blog ini dibuat dng maksud utk menyingkapnya.

      Apakah blog ini yg melakukannya secara sembunyi-2 ini efekti dan sukses utk menghindari atau menghalangi gerakan SSY di Indonesia

      Jawabannya:

      Ketika membuat blog ini tidak terlintas di benak saya utk menghentikan gerakan penyesat SSY apalagi utk menghentikannya mengingat peringatan Kristus sendiri akan banyak penyesat-2. Menghentikannya berarti bertentangan dng pernyataan Kristus.

      Tugas saya hanya menyampaikan apa yg harus saya sampaikan. Jadi keberhasilan dan keefektifannya bukanlah bagian saya utk menilai. Yg saya tahu ya melakukan perintah Kristus saja. Biarkan Roh Kudus saja yg bekerja memberi pencerahan karena saya yakin jika memang Allah ingin menyelamatkan seseorang maka ia akan menyelamatkannya melalui blog ini ataupun media lain.

      Bagaimana dng Anda? Bersediakah Anda melayani Allah semesta alam utk menghindari orang-2 disesatkan oleh ajaran SSY? Pertimbangkan hal ini karena saya saja bukan seorang SSY terbeban utk menghindari seseorang terjerat dng ajaran SSY, apalagi Anda, bukan?

      Salam kasih Tuhan Yesus

      Delete
    2. Cara kerja blog ini:
      Mem-Block peminat2 baru yg dalam proses didekati oleh saksi....sudah effektif
      Membakar pondasi rumah Balai Kerajaan JW.org, sehingga rumahnya ambles dan dindingnya retak2....sudah effektif.
      Para penatua sudah dilapori keberadaan blog ini, sebab saksi biasa sudah tidak mampu menjawab....berarti sudah effektif sampai pada Hirarkinya.

      Saksi memang ditakdirkan sadar disaat jatuh terpuruk, disaat organisasi mau ambruk baru akan keluar terpaksa. Emang nyaman? Berada di ruang yg bangkunya kosong separo lebih?

      Kalau AL mau cara yg effektif, maka AL harus bersatu dengan para mantan saksi yg tersebar.
      Itu tidak mudah dan makan biaya, tenaga, dan waktu. Jadi semacam persatuan korban pelecehan seks Silentlamb. Jika ada persatuan mantan saksi seluruh Indonesia maka saksi yg mau keluar jadi mudah, sebab ada yg mengerti perasaan korban kultus yg tidak bisa disampaikan pada sembarang orang. Mereka hanya butuh didengar, bukan digurui, disalahkan, dicemooh, diejek, Dibully. Setelah mereka kuat secara psikis barulah tahap selanjutnya menuntut secara hukum negara atas pelanggaran HAM.
      Bisakah AL melakukan hal besar dan berat tsb?
      AL benar Saksi yg belum sadar sangat sulit didekati, sulit dimengerti, sulit diajak bicara di luar topik ajaran kultus, sulit didebat, sulit menerima pendapat orang lain, sulit bergaul diluar saudara seiman, sulit diminta membaca bacaan sehat, sulit diajak berpikir logis. Pokoke benar2 antik.

      Salam
      AS

      Delete
    3. Mungkin yg dimaksud Sdr AL adl apakah Pak AWI sudah mencoba mendatangi langsung balai kerajaan untuk menyadarkan saksi, sebagai cara yg dianggap effektif (terjun langsung/turun gunung).

      Ini adl FAQ: apakah kita harus datang secara fisik menginjili balai kerajaan?
      Apa kata Alkitab? Alkitab menuliskan Yesus tidak pernah mendatangi kaum Farisi untuk mengajar mereka, sebab isi otak orang Farisi SUDAH PENUH, tidak ada ruang tersisa dan tidak ada niat untuk merubah pandangan, orang Farisi tahu tidak berhasil, tapi tetap tidak sadar, malah bersungut-sungut dan mengunci telinga (mengeraskan hati).

      Situasi yg sangat mirip, grup kultus tidak perlu didatangi secara fisik untuk menginjili mereka, nanti takutnya kita malah sakit hati, disakiti kata2 saksi yg temperamental. Dari cara berpakaian saja sudah beda, datang2 menasehati dengan ajaran yg sangat berkebalikan, secara naluri akan diserang dengan umpatan, makian. Dan maksud kedatangan menginjili menjadi sia2, sangat sulit menyampaikan firman dalam suasana ricuh. Ujung2nya menuai sakit hati, malah tidak effektif sama sekali.

      Bahkan menginjili one on one pun sangat sulit, ya itu tadi isi otaknya sudah penuh dengan internalisasi verbal dan visual, membuat saksi jadi bebal.

      Salam
      AS

      Delete
  4. pak awi saya al mau tanya
    apakah cara seseorang dimakamkan mempengaruhi keselamatan orang tersebut di mata allah ? misalnya seumur hidupnya islam tapi di makamkan dengan cara kristen. apakah hal itu membuat dia di perkenan di mata allah atau tidak ? atau misalnya kebalikannnya seumur hidup kristen tapi di makamkan dengan cara islam. tolong penjelasannya pak awi terima kasih.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Dear Sdr AL,

      Sebagai orang Kristen saya meyakini pernyataan Alkitab berikut ini yang begitu dahsyat dan tidak dimiliki oleh agama lain ketika menyangkut tentang keselamatan kekal manusia. Membaca 3 pernyataan itu membuat bulu kuduk saya merinding sambil bertanya-tanya siapakah Yesus sebenarnya sehingga keselamatan setiap manusia dihubungkan dengan kepercayaannya kepada pribadi diri-Nya? :

      Kata Yesus kepadanya: “Akulah jalan dan kebenaran dan hidup. Tidak ada seorangpun yang datang kepada Bapa, kalau tidak melalui Aku.” (yoh. 14:6)

      Dan keselamatan tidak ada di dalam siapapun juga selain di dalam Dia, sebab di bawah kolong langit ini tidak ada nama lain yang diberikan kepada manusia yang olehnya kita dapat diselamatkan (Kis. 4:12)

      Jawab mereka: “Percayalah kepada Tuhan Yesus Kristus dan engkau akan selamat, engkau dan seisi rumahmu”. (Kis. 16:31)


      Jadi sebenarnya keselamatan seseorang itu bergantung kepercayaannya kepada Tuhan Yesus. Tidak ada pendiri agama manapun di dunia ini, termasuk Muhammad, Buddha dll, dengan begitu berani menyatakan dirinya sedemikian dahsyat dan berani.

      Nah, dalam konteks ini, izinkan saya menjawab pertanyaan Anda berikut:

      apakah cara seseorang dimakamkan mempengaruhi keselamatan orang tersebut di mata allah ? misalnya seumur hidupnya islam tapi di makamkan dengan cara kristen. apakah hal itu membuat dia di perkenan di mata allah atau tidak ? atau misalnya kebalikannnya seumur hidup kristen tapi di makamkan dengan cara islam.

      Jawabannya:

      Saya percaya bahwa cara seseorang dimakamkan tidak mempengaruhi keselamatan kekalnya karena sebenarnya keselamatan kekal orang hanya ditentukan oleh kepercayaannya kepada Kristus.

      Jika seorang Muslim menolak Kristus; tidak percaya kepada Kristus sebagai Tuhan dan Juru selamat pribadinya maka jelas ia tidak akan sampai kepada Bapa. Jadi hubungan pribadinyalah dengan Kristus yang menentukan keselamatan kekalnya, bukan cara dimakamkannya.

      Demikian juga seorang Kristen yg dimakamkan secara Islam tidak masalah dng keselamatannya sepanjang selama ia hidup adalah seorang Kristen sejati.

      Jadi Allah Bapa tidak mempermasalahkan bagaimana cara seseorang dimakamkan. Sepanjang seseorang percaya kepada Kristus, pasti diperkenan oleh Allah Bapa karena memang hanya Kristus lah jalan keselamatan kepada Bapa.


      Semoga jawabannya memuaskan Anda

      Salam kasih Tuhan Yesus

      NB: BTW, Pernahkah Anda mencoba mendiskusikan blog ini kepada ortu Anda? Keselamatan kekal mereka ditentukan oleh pengenalan kepada Kristus, loh?

      Delete

Tolong SEBUTKAN Nama Atau Initial Anda saat memberi komentar agar memudahkan Mitra diskusi Anda mengidentifikasikan Anda.

Non Kristiani, mohon tidak memberi komentar.

Jika Anda ingin komentar, silahkan klik DI SINI DULU

.