Apakah Roh Allah Membimbing Hidup Saksi Yehuwa? Tidak!

saksi yehuwa bukan anak allah
Buah-Buah Roh Dihasilkan Oleh Anak-Anak Allah
APAKAH PERANAN ROH Kudus dalam kehidupan orang Kristen? Banyak. Namun demikian, saya hanya akan membahas salah satunya saja yaitu jika Roh Kudus memimpin dan berdiam dalam kehidupan orang percaya maka ia dimampukan untuk mematikan perbuatan-perbuatan daging yang menguasai hidupnya sehingga ia akan hidup dan dimampukan untuk menghasilkan buah-buah roh (Gal. 5:22-23). Sebaliknya, tanpa Roh Kudus maka ia akan mati (Roma 8:13).

Nah, bagaimana dengan doktrin Saksi Yehuwa mengenai peranan Roh Kudus dalam kehidupan para Saksi Yehuwa? Artikel kali ini yaitu Apakah Roh Allah Membimbing Hidup Saksi Yehuwa? Tidak akan membahasnya.


Mari kita perhatikan kutipan majalah Menara Pengawal bertema “Apakah Saudara Membiarkan Roh Allah Membimbing Saudara?” yang mendiskusikan tentang peranan Roh Kudus dalam kehidupan para Saksi Yehuwa berikut ini:

Apakah roh kudus bekerja hanya pada peristiwa khusus atau di bawah keadaan yang luar biasa? Tidak. Firman Allah menyebutkan tentang orang-orang Kristen yang ”berjalan dengan roh”, ”dipimpin oleh roh”, dan ”hidup dengan roh”. (Gal. 5:16, 18, 25) Pernyataan tersebut menunjukkan bahwa roh kudus bisa terus memengaruhi kehidupan kita. Setiap hari, kita hendaknya memohon agar Yehuwa membimbing pikiran, tutur kata, serta tindakan kita melalui roh-Nya. (Baca Mazmur 143:10.) Seraya kita membiarkan roh itu bekerja dengan leluasa dalam kehidupan kita, roh itu akan menghasilkan dalam diri kita buah yang menyegarkan bagi orang lain dan yang mendatangkan pujian bagi Allah.

Mengapa penting bagi kita untuk dibimbing oleh roh kudus? Karena ada kekuatan lain yang berupaya menguasai kita, kekuatan yang menentang bekerjanya roh kudus. Kekuatan lain itu adalah apa yang disebut Alkitab sebagai ”daging”, yang memaksudkan tubuh yang berdosa, warisan ketidaksempurnaan yang kita terima sebagai keturunan Adam. (Baca Galatia 5:17.) Kalau begitu, apa artinya membiarkan diri dibimbing oleh roh Allah? Apakah ada langkah-langkah praktis untuk melawan dorongan tubuh kita yang berdosa? Mari kita ulas pertanyaan-pertanyaan tersebut seraya kita membahas enam aspek ”buah roh”, yakni, ”kepanjangsabaran, kebaikan hati, kebaikan, iman, kelemahlembutan, pengendalian diri”.—Gal. 5:22, 23. (Menara Pengawal, 15/4/2011, hlm. hlm. 23 *)
Ya, sebuah uraian yang indah, bukan? Saya sangat percaya bahwa setiap orang harus dibimbing oleh Roh Kudus karena tanpa pimpinan Roh Kudus maka kita tidak akan kuat berperang melawan sifat kedagingan yang ada di dalam setiap manusia dan tanpa pimpinan Roh Kudus mustahil orang Kristen menghasilkan buah-buah roh (Gal. 5:22-23). Bagaimana dengan para Saksi Yehuwa, butuhkah? Tentunya setiap Saksi Yehuwa membutuhkan pimpinan-Nya agar dimampukan mematikan sifat kedagingan yang berjuang di dalam setiap orang dan agar dapat menghasilkan “buah-buah roh”. 

Namun demikian, sekarang kita lihat apa yang Alkitab katakan tentang siapakah orang-orang yang dibimbing oleh Roh Kudus, yaitu kitab Roma 8:13-17, perhatikan kalimat berwarna merah:

sebab jika kamu hidup menurut daging, kamu pasti akan mati; tetapi jika kamu mematikan praktek-praktek tubuh dengan roh, kamu akan hidup. Sebab semua orang yang dipimpin oleh roh Allah, mereka ini adalah putra-putra Allah. Sebab kamu tidak menerima perasaan batin sebagai budak, yang menghasilkan perasaan takut lagi, tetapi kamu menerima perasaan batin sebagai orang yang telah diangkat menjadi putra, dengan perasaan batin itulah kita berseru, ”Abba, Bapak!”  Roh itu sendiri memberikan kesaksian bersama roh kita bahwa kita adalah anak-anak Allah.  Jadi, jika kita adalah anak, kita juga ahli waris: benar-benar ahli waris Allah, tetapi sesama ahli waris bersama Kristus, asalkan kita menderita bersama dia agar kita juga dimuliakan bersama dia. (TDB)
Sudahkan Saudara lihat apa yang dikatakan Roma 8:14 yaitu “semua orang yang dipimpin oleh roh Allah, mereka ini adalah putra-putra Allah”. Nah, pertanyaannya adalah apakah jutaan Saksi-Saksi Yehuwa merupakan anak-anak Allah? Tidak! Doktrin Saksi Yehuwa mengajarkan bahwa hanya 144,000 orang saja disebut sebagai anak-anak Allah (baca di sini). Tentunya doktrin hanya 144,000 orang saja yang dapat disebut sebagai anak-anak Allah merupakan pengajaran mitos dan dusta yang tidak berdasarkan Alkitab sama sekali karena secara gamblang dibantah langsung di Roma 8:14 yang mengatakan “semua orang yang dipimpin oleh Roh Allah . . .”. Artinya, untuk menjadi anak-anak Allah tidak terbatas pada jumlah tertentu karena semua orang dapat menjadi anak-anak Allah.

Tentunya efek lainnya doktrin hanya 144,000 orang saja yang disebut sebagai anak-anak Allah merupakan suatu hal yang sangat ironis, kontradiksi dan sekaligus malapetaka. Mengapa? Pertama, jutaan Saksi-Saksi Yehuwa yang dijanjikan hidup kekal di bumi firdaus diharapkan untuk menghasilkan buah-buah roh tetapi mereka bukanlah anak-anak Allah. Bagaimana mungkin jutaan Saksi-Saksi Yehuwa dapat dipimpin oleh Roh Allah jika mereka bukanlah anak-anak Allah? Bagaimana mungkin jutaan Saksi-Saksi Yehuwa dapat menghasilkan buah-buah roh jika mereka tidak dipimpin oleh Roh Allah? Suatu hal yang ironis dan kontradiktif, bukan?

Kedua, Roma 8:13 mengatakan “jika kamu hidup menurut daging, kamu pasti akan mati; tetapi jika kamu mematikan praktek-praktek tubuh dengan roh, kamu akan hidup”. Inilah yang menjadi malapetaka bagi jutaan Saksi Yehuwa yaitu karena mereka tidak dipimpin oleh Roh Allah maka secara otomatis mereka tidak mampu untuk mematikan keinginan daging dengan Roh sehingga mereka sebenarnya masih hidup menurut daging. Apakah akibatnya jika para Saksi Yehuwa hidup menurut daging? Mereka pasti akan mati! Sebuah malapetaka, bukan?

Tentunya kita bertanya-tanya: organisasi apakah di balik organisasi Saksi Yehuwa yang mengajarkan dusta dan mitos agama Kristen? Untuk mengetahui siapa dan apa di balik organisasi dan ajaran Saksi Yehuwa, silahkan klik Membongkar Inti Agama Saksi Yehuwa: Kristen Sejati, Sesat atau Kultus? dan buktinya sendiri apakah organisasi Saksi Yehuwa sebuah gerakan Kristen sejati ataukah grup kultus berkedok agama Kristen berdasarkan publikasi dan praktek yang diterapkan dan diajarkan di dalam organisasi tersebut.

Bagaimana pendapat Saudara?

Soli Deo Gloria

Sebab banyak penyesat telah muncul dan pergi ke seluruh dunia, yang tidak mengaku, bahwa Yesus Kristus telah datang sebagai manusia. Itu adalah si penyesat dan antikristus. (2 Yohanes 1:7)


Artikel Terkait:
1. Saksi Yehuwa: Penyembah Berhala Modern
2. Mengungkap Organisasi Allah Berkedok Agama Kristen
3. Fakta Saksi Yehuwa: Suatu Kultus Dan Nabi Palsu
4. Saksi Yehuwa Pemberita Injil Sejati Atau Palsu?
5. Apakah Roh Allah Membimbing Hidup Saksi Yehuwa? Tidak!

* http://wol.jw.org/id/wol/d/r25/lp-in/2011284

44 comments :

  1. pak awi saya AL. umur saya 24 tahun. saya saksi yehuwa sejak bayi. tapi sejak baca tulisan di blog pak awi ini saya langsung memutuskan untuk keluar dari SY. tentunya saya tidak asal telan saja penjelasan pak awi. tapi memang kalau di renungkan dengan open minded penjelasan pak awi sangat masuk akal dan bedasarkan alkitab. saya sudah baca hampir semua artikel pak awi .dan di mulai bukan baru2 ini tapi sudah lama saya sampai lupa tahunnya he he he. tapi masalahnya walaupun saya sudah tidak bergabung dengan SY saya juga tidak mampu bergabung dengan agama lain pak. alasannya karena masih ada banyak hal yang "nyangkut" tentang ajaran SY dan KRISTEN. kalau boleh pak awi bisakah bantu saya mengclearkan masalah saya ini pak ? email saya di y.....l@rocketmail.com. terima kasih atas perhatiannya salam kasih kristen.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Dear AL, 24th dan berhasil untuk keluar? Serius? Selamat ya sudah bisa memutuskan untuk melepaskan diri dari organisasi! ^^ Kalau boleh sharing, bagaimana dengan orang sekitar setelah kamu memutuskan untuk keluar? Apa yang menjadi pertimbangan? Dan bagaimana rasanya setelah tidak lagi menuruti organisasi? Terima kasih ^^

      STT.

      Delete
    2. saya sih memang sudah keluar dari ssy, tapi jiwa saya masih terasa terikat dengan ssy. cthnya kalau hari berhimpun pasti saya degdeg an, dan selama jam perhimpunan belum selesai saya juga belum tenang. saya penasaran juga dengan pengalaman orang2 yang keluar dari ssy tapi bisa langsung merasa terbebas. terima kasih atas perhatiannya sdr/sdri STT

      Delete
    3. Dear Sdr AL,

      Tidak ada yg mudah bagi seorang SSY utk keluar dari pengaruh psikologis yg ditanamkan oleh organisasi kepada para anggotanya. Saya banyak membaca kisah mantan SSY . . . tidak ada yg langsung merasa terbebas. Semuanya karena faktor psikologis. Ada begitu banyak phobia-2 yg ditanamkan di dalam diri Anda, terutama rasa takut yg berlebihan, sehingga Anda selalu merasa deg-degan dan tidak tenang.

      Hanya Tuhan Yesus yg mampu memulihkan kondisi psikologi Anda dan membiarkan waktu berjalan sesuai dng waktunya.

      Namun demikian, jawaban Anda tidak menjawab seluruh pertanyaan Sdr STT. Bersediakan Anda menjawab pertanyaannya:

      1. bagaimana dengan orang sekitar (seperti orang tua) setelah kamu memutuskan untuk keluar?
      2. Apa yang menjadi pertimbangan Anda keluar padahal ada begitu banyak SSY yg membaca blog ini tetapi menyangkalnya?
      3. Dan bagaimana rasanya setelah tidak lagi menuruti organisasi? Apakah ada rasa "kelegaan dan merasa beban yg Anda bawa selama ini terlepaskan?"

      Tolong jawab pertanyaan tersebut ya.

      Saya sangat berharap Anda bisa berdiskusi banyak mengenai kondisi Anda sehingga pengalaman Anda dapat menjadi pelajaran bagi banyak orang.

      Bahkan saya sangat berharap agar Anda bersedia berkontribusi di blog ini utk menjawab setiap pertanyaan orang-orang yg menanyakan ttg SSY atau bagaimana menjalani proses pemulihan psikologis terhadap mantan SSY. Saya percaya banyak SSY di luar sana mengalami hal yang sama dng Anda tetapi tidak tahu apa yg harus dilakukan. Dan Anda dapat membantu para SSY tersebut.

      Setahu saya, kondisi Anda akan lebih cepat pulih dan terbebaskan jika Anda berbagi pengalaman dng orang lain. Semakin banyak Anda sharing . . . semakin baik dan mempercepat kepulihan kondisi Anda. Sharing adalah salah satu solusi bagi Anda dan Anda dapat menjadi berkat bagi orang lain. Jika Anda dulunya bersedia dng suka rela merekrut orang lain masuk ke dalam organisasi, mengapa sekarang Anda tidak mencegah orang-2 agar tidak terjerat masuk ke dalam organisasi? Apakah Anda memiliki beban menghindarkan orang lain terjerat dng organisasi kultus ini?

      Tolong pertimbangkan saran saya ini ya.

      Salam kasih Tuhan Yesus

      Delete
    4. saya jawab ya : 1. saya tidak terlalu bermasalah dengan orang tua saya perihal keluarnya saya dari ssy. karena mungkin kepribadian saya yang tidak berubah walaupun saya keluar dari ssy. tapi kalau soal teman, hampir +/- 80 % teman saya ya ada di ssy. dan setelah saya keluar dari ssy kalau bisa saya simpulkan mungkin mereka tidak peduli sama sekali.mereka tidak pernah bertanya kenapa saya keluar ataupun berkomunikasi baik langsung ataupun tidak langsung dengan saya. mungkin mereka menganggap saya murtad.

      2. kalau menurut saya ya, kebanyakan saksi yehuwa terlena dengan "kesucian" tingkah laku para anggota ssy dan "kesempurnaan" pengorganisasian ssy. sehingga mereka tidak peduli lagi dengan ajaran ssy benar atau salah. jadi banyak yang menyangkal isi blog ini karena mereka tidak suka "kenyamanan pola pikir " mereka terganggu. pada akhirnya selalu mencari cara dan alasan untuk berdalih walaupun mereka tahu ajarannya salah.

      3. sampai saat ini 60 % lega 40% belum

      Delete
    5. Dear AL, kalau kamu punya akun instagram, kamu bisa search by hashtag #exjw , disana ada banyak dari luar negeri yang sharing pengalaman mereka, btw aku perempuan, jadi jangan dipanggil bung, hehe.

      STT.

      Delete
    6. Dear AL

      Saya memiliki pertanyaan, tolong dijawab ya:

      1. Apakah Anda secara resmi mengajukan surat keluar dari organisasi SSY sehingga penatua mengumumkan berita keluarnya Anda dari SSY?

      2. Apakah Anda pernah mereferensikan atau membicarakan blog ini kepada SSY lainnya? Bagaimana respons mereka?

      2. Ketika ortu Anda tahu Anda murtad, apakah ortu Anda menjalankan aturan BP secara ketat berkenaan dng peraturan thd orang yg murtad?

      3. Bgm dng teman-teman Anda, apakah mereka menjauhi dan tidak berbicara dng Anda karena Anda telah murtad?

      Terima kasih jika Anda bersedia menjawabnya.

      Salam kasih Tuhan Yesus

      Delete
    7. saya jawab ya : 1. kata ortu saya karena saya belum dibaptis jadi saya dianggap hanya simpatisan saja alias belum anggota resmi ssy saya tidak perlu mengajukan surat keluar.

      2. pernah saya bicarakan isi dari blog ini tanpa menyebut sumbernya kepada beberapa ssy tapi mereka menolak.

      3. ya

      Delete
  2. Dear Sdr AL,

    Maafkan jika saya menyingkat nama dan alamat email Anda utk menjaga kerahasian Anda sendiri.

    Jika Sdr memiliki pertanyaan, silahkan tanyakan langsung melalui media blog ini, seperti yg telah Sdr. lakukan, dng initial Anda sendiri yaitu AL

    Saya lebih memilih melakukannya dng cara demikian agar pengalaman pribadi Anda dapat menjadi berkat bagi SSY yg pastinya mengalami hal yg sama dng situasi Anda. Tentunya Anda tidak keberatan jk menjadi berkat bagi SSY lainnya, bukan?

    Dan harapan saya, Anda tidak perlu sungkan mengungkapkan masalah Anda krn semuanya serba anonim sehinnga tidak ada yg tahu.

    Salam kasih Tuhan Yesus

    ReplyDelete
  3. pak saya AL mau tanya : 1. bagaimana tanggapan pak awi tentang ayat2 yang menunjukan kalau dunia ini di kuasai oleh setan ? karena ssy termasuk ortu saya selalu menekankan hal ini, jadi menurut mereka dunia ini sudah tidak bisa di perbaiki sehingga satu2 nya harapan hanyalah kerajaan allah melalui ssy.
    2. berhubungan dengan pertanyaan no 1 bagaimana tanggapan pak awi tentang banyaknya perpecahan dalam agama dan aliran kepercayaan di dunia sekarang ini ? karena menurut ssy dan ortu saya agama yang sejati tidak terpecah pecah ke banyak sekte yang kata mereka saling bertengkar satu sama lain. padahal ssy pun pecahan dari suatu agama.
    3.apakah pak awi tahu buku yang membahas tentang kultus tapi dalam bahasa indonesia dan di jual juga di indonesia ?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Dear Sdr. AL

      Ini adalah jawaban saya atas beberapa pertanyaan Anda dan saya jawab yg paling mudah dulu:

      You said:

      apakah pak awi tahu buku yang membahas tentang kultus tapi dalam bahasa indonesia dan di jual juga di indonesia ?

      My reply:

      Sepengetahuan saya tidak ada.

      Subyek mengenai kultus sangat sedikit dipahami oleh orang. Jika saya mengamati di Indonesia, mungkin satu-satunya orang yg paham adalah saya kali ya. Bukan maksud sombong, tetapi ini fakta. Saya mengamati ahli2 teroris dan psikolog-2 tidak pernah membahas inti dasar perilaku teroris tersebut yaitu mind control. Mereka hanya menyebut istilah brainwash tanpa memahami bagaimana cara kerjanya, ciri-cirinya dan apa yang sebenarnya terjadi.

      You said:

      bagaimana tanggapan pak awi tentang ayat2 yang menunjukan kalau dunia ini di kuasai oleh setan ? karena ssy termasuk ortu saya selalu menekankan hal ini, jadi menurut mereka dunia ini sudah tidak bisa di perbaiki sehingga satu2 nya harapan hanyalah kerajaan allah melalui ssy.


      My reply:

      Dan dlm aspek psikologi kultus, semua grup kultus menggunakan pola yang sama dan sengaja membuat 2 kutub ekstrem utk membentuk pola pikir hitam/putih, jahat vs baik, Allah vs. Setan. Di luar grup kultus adalah jahat krn berada di bawah kuasa setan. Dan untuk lepas dari kuasa setan maka keselamatan hanya tersedia di dalam grup kultus. Pilihan cuma 2 yaitu bergabung dng grup kultus utk selamat atau berada di bawah kuasa setan yg akan dibinasakan.

      Utk mencapai pola pikir hitam/putih ini, SSY sengaja mengatakan bhw dunia ini 100% dikuasai oleh setan. Utk membuktikannya seluruh aspek dunia berada di bawah kuasa setan, SSY mengatakan dunia semakin jahat, perang, penyakit dll bencana yg tak dapat diperbaiki lagi. Satu-2 nya solusi adalah Allah yg akan membereskannya. Dan Allah ini hanya menggunakan satu saluran yaitu organisasi SSY. Jadi setiap SSY diminta utk merekrut sebanyak mungkin orang utk bergabung dng satu-2nya saluran komunikasi ini. Tidak mau bergabung ya akan binasa. Ini adalah konsep dasar kultus.

      Bgm aspek Alkitab? Apa yg disampaikan oleh organisasi SSY hanya 1/2 kebenaran.

      2 Taw. 20:6:

      ”Oh, Yehuwa, Allah bapak leluhur kami, bukankah engkau Allah di surga, dan bukankah engkau berkuasa atas semua kerajaan bangsa-bangsa, dan bukankah kuasa dan keperkasaan ada di tanganmu, sehingga tidak ada yang dapat bertahan melawan engkau?”

      Jika memang setan benar-2 penguasa dunia ini, maka jelas ayat di atas menjadi sampah.

      Yesus berkata:

      ”Semua wewenang di surga dan di bumi telah diberikan kepadaku.” (Mat 28:18)

      Artinya Yesus lah yg memiliki wewenang di surge dan di bumi, bukan Setan.

      Namun demikian, Alkitab juga mengatakan bahwa setan adalah “penguasa dari wewenang udara, roh yang sekarang bekerja dalam diri putra-putra ketidaktaatan” (Ef. 2:2) dan “penguasa dunia ini” (Yoh. 12:31). Apa artinya?

      Ketika Alkitab mengatakan Iblis “penguasa dunia ini” bukan berarti Setan 100% memiliki kuasa atas dunia ini. Jika 100% dikuasai oleh Iblis maka 2 Taw 20:6 dan Mat. 28:18 menjadi tidak bermakna, bukan? Jadi sebenarnya Allah Bapa dan Yesus tetap yg berkuasa. Lalu apa kuasa iblis?

      Iblis hanya diberi izin utk menguasai dan mempengaruhi dunia ini dan penduduknya utk sementara waktu dan hanya berkuasa kepada orang-orang yg tidak percaya. Perhatikan Ef 2:2 yg menegaskan “roh yang sekarang bekerja dalam diri putra-putra ketidaktaatan” dan 1 Yoh. 5:19 mengatakan “seluruh dunia berada dalam kuasa si fasik. Artinya setan itu hanya bekerja dalam orang-2 fasik (putra2 ketidaktaatan) karena mereka mengikuti roh ini (Ef 2:2)

      Delete
    2. Bgm dng orang percaya? Kolose 1:13 mengatakan, “Ia telah melepaskan kita dari wewenang kegelapan dan memindahkan kita ke dalam kerajaan Putra yang ia kasihi"

      Orang Kristen memang masih hidup di dunia ini tetapi mereka tidak berada di dalam kuasa si jahat. Syaratnya? Jika Anda sudah banyak membaca blog saya, tentunya Anda sudah tahu, bukan?

      Argumen SSY utk membuktikan bahwa Setan 100% menguasai dunia ini mengajarkan, “Mana mungkin Setan menawarkan semua kerajaan dunia kepada Yesus jika ia bukan pemiliknya?” merupakan argument keliru dan dusta sehingga menyesatkan. Betul Iblis menawarkan kerajaan dunia ini, tetapi Iblis adalah Bapa Pendusta. Ketika iblis menawarkan semua kerajaan dunia bukan berarti ia memilikinya, iblis berdusta. Ia tidak memilikinya oleh karena itu Yesus tidak mau karena pemilik sebenarnya adalah Allah, bukan Iblis. Argumen SSY adalah argument bodoh.

      Jika Anda berargumen dng ortu mengenai hal ini, ajak bernalar dng sangat sederhana yaitu Allah adalah maha kuasa dan pencipta alam semesta. Masa sih yang berkuasa adalah Iblis? Masuk akal kah?

      Saya percaya semua orang Kristen menanti-nantikan kedatangan Kristus yg ke-2 kalinya untuk menyelesaikan permasalah dunia ini. Memang kondisi dunia semakin buruk, namun demikian, sebagai orang Kristen memiliki kewajiban juga untuk menjadi garam dan terang dunia semasa ia hidup di dunia ini. Oleh sebab itu, setiap Kristen memiliki tugas utk menjadi berkat bagi orang lain dan meskipun tahu dunia ini menjadi tidak baik tetapi berusaha sekuat mungkin utk membuat dunia ini lebih baik.

      Mengenai pertanyaan no. 2 akan saya bahas kemudian karena waktu saya sedikit saat ini. Mudah-2an ini menjawab pertanyaan Anda.

      Bung AL, bisakah Anda menjawab pertanyaan bung TTS? Terima kasih

      Salam kasih Tuhan Yesus

      Delete
    3. terima kasih jawabannya pak awi. semoga tuhan yesus selalu memberkati anda dan keluarga.

      Delete
    4. Dear Sdr AL,

      You said:

      bagaimana . . .tentang banyaknya perpecahan dalam agama dan aliran kepercayaan di dunia sekarang ini ? karena . . . agama yang sejati tidak terpecah pecah ke banyak sekte yang kata mereka saling bertengkar satu sama lain. padahal ssy pun pecahan dari suatu agama.


      My reply:

      Dalam perspektif kultus, pemimpin kultus perlu mengontrol seluruh anggotanya agar taat mutlak kepada dirinya. Tingkat kemutlakkan harus terjadi dalam setiap aspek kehidupan; termasuk cara berpikir, berbicara, berperilaku, dan berperasaan...bahkan untuk hal-hal yg remeh misalnya cara anggotanya berpakaian juga menjadi perhatian utk dikontrol.

      Dalam terminalogi kultus disebut "conformity dan uniform" alias ketaatan dan keseragaman. Untuk mencapai tingkat ini, pemimpin kultus menggunakan ayat 1 Kor 1:10 sebagai pembenaran agar anggotanya seia sekata, sehati dan sepikir, agar tidak terpecah-belah, sesuai dng doktrin pemimpin kultus:

      "Tetapi aku menasihatkan kamu, saudara-saudara, demi nama Tuhan kita Yesus Kristus, supaya kamu seia sekata dan jangan ada perpecahan di antara kamu, tetapi sebaliknya supaya kamu erat bersatu dan sehati sepikir."

      Jika seorang anggota tidak seia sekata, sehati sepikir maka ia akan ditegur utk taat dalam keseragaman dan jika tidak berubah akan dikucilkan dan akhirnya dikeluarkan dari grupnya.

      Sebenarnya di dalam organisasi SSY sendiri pun terjadi perpecahan krn tidak setuju dng badan pimpinan, misalnya mantan badan pimpinan Raymond Franz, tetapi yg tidak setuju dipecat sehingga yg dipecat mendirikan organisasi baru, misalnya banyak website mantan SSY mendirikan organiasi baru. Jadi di dalam SSY sebenarnya terjadi perpecahan.

      Apakah 1 Kor. 1:10 tepat diaplikasikan oleh organisasi SSY utk beroleh ketaatan-keseragaman thp anggotanya dan terjadinya perpecahan di gereja-2 menjadi bukti gereja-2 bukanlah gereja sejati? Jawabannya tidak!

      Paulus menulis 1 Kor. 1:10 tidak memaksudkan agar seluruh orang Kristen menerima dan setuju (seia sekata, sepikiran dan sehati) segala sesuatunya [yg berhubungan dng kemutlakkan doktrin yg harus ditaati] yg disampaikan oleh pemimpin agama.

      Jika Paulus ingin memaksudkan seluruh orang Kristen menerima dan setuju segala sesuatunya sehubungn dng doktrin maka Paulus tidak akan menulis Roma 14:5-6. Silahkan klik Natal Dan Saksi Yehuwa utk aplikasi ayat tsb.

      Adalah benar bahwa terjadi banyak perpecahan di dalam gereja-2. Tetapi hal ini terjadi karena 2 hal yaitu (1) perbedaan doktrin yg minor dan tidak terlalu penting sehingga boleh terjadi perbedaan berdasarkan Roma 14. Dan utk doktrin utama yg harus dijunjung tinggi seperti Trinitas, neraka sebagai tempat penyiksaan, semua orang percaya ke surga dan menjadi anak-anak Allah, lahir baru, dan lain-lain doktrin mayoritas denominasi gereja umumnya setuju.

      (2) Atau gereja terpecah-belah karena masalah yg bersifat kedagingan dan keegoisan dari para pemimpin agama itu sendiri. Tetapi masalah doktrin tetap sama.

      Dari uraian saya di atas jelas membuktikan bahwa perpecahan yg terjadi di gereja tidak membuktikan bahwa gereja-2 di luar SSY adalah palsu.

      Pertanyaannya apakah karena organisasi SSY mengklaim memiliki kesatuan yg ekstrem dalam seluruh doktrin yg harus diyakini para anggotanya menjadi bukti sebagai agama sejati? Jawabannya tidak. Mengapa? Jika organisasi SSY mengklaim sebagai satu-satunya agama yg sejati maka doktrinnya haruslah unik dan tidak dimiliki oleh organisasi agama lain, namun demikian, faktanya ada organisasi agama lain yg memiliki doktrin yg sama atau mirip dng doktrin SSY. Baca di sini utk melihat ada organisasi kristen lainnya yg doktrinnya mirip dng SSY.

      Jika ada organisasi Kristen lainnya memiliki doktrin yg mirip dng SSY membuktikan bahwa agama SSY bukanlah sejati, bukan?

      Demikian jawaban saya.

      Salam kasih Tuhan Yesus


      Delete
    5. saya pernah mangatakan kepada ortu saya bahwa ssy mengkultuskan badan pimpinan. tapi mereka menjawab dengan memberikan bukti apa yang terjadi kalau badan pimpinan datang ke indonesia atau ke negara lain. mereka mengatakan berbeda kalau paus datang mengunjungi suatu negara. pak awi paham kan maksudnya ? bagaimana tanggapan pak awi ?

      Delete
    6. Dear AL,

      Pemahaman kultus yg didefinisikan oleh para ahli kultus yg saya bahas di blog ini bukanlah dalam pemahaman suatu tindakan/perilaku tertentu suatu jemaat gereja terhadap pemimpinnya. Sekali lagi saya katakan bukanlah itu.

      Banyak orang tidak memahami posisi Paus yg sebenarnya. Orang berpikir bahwa ketika Paus mengunjungi suatu negara dijaga dan dikawal super ketat, mendapat penghormatan kenegaraan khusus dr kepala negara yg dikunjunginya seolah-olah mengultuskannya. Orang Katolik berlutut dihadapan Paus, mencium tangannya dan lain-lain perilaku berarti Paus dikultuskan. Ini bukan pemahaman yg para ahli kultus definisikan.

      Mengapa ketika Paus berkunjung ke suatu neraga dikawal super ketat & dapat protokoler khusus dr negara yg dikunjunginya? Posisi Paus tidak hanya sebagai pemimpin agama tetapi juga seorang kepala negara yaitu Kota Vatikan. Jadi sebagai seorang kepala negara sekaligus pemimpin agama berkunjung, ia diperlakukan layaknya sama seperti presiden Amerika. Ini wajar. Nah, bagaimana dng badan pimpinan SSY? Bukan siapa-siapa!!!

      Bagaimana dng sikap jemaat Katolik thd Paus? Secara pribadi saya juga tidak setuju dng tindakan (berlutut, mencium tangan dll perilaku adorasi) yg dilakukan jemaat Katolik kepada Paus. Menurut saya berlebihan. Namun demikian, perilaku jemaat Katolik yg berlebihan tsb tidak berarti mereka mengultuskan Paus seperti yg didefinisikan para ahli kultus.

      Faktanya seorang pemimpin kultus sejati tidak pernah meminta pengikutnya utk melakukan perilaku tertentu utk menyembahnya. Pemimpin kultus yg sejati terlihat rendah hati, bijaksana, dan sangat spiritual. Pemimpin kultus selalu mengarahkan dan meminta jemaatnya menyembah Allah saja, bukan dirinya. Meminta jemaatnya hidup jujur dan menerapkan nilai-nilai berdasarkan Alkitab. Oleh karena itu, banyak orang tertipu olehnya. Persis seperti Alkitab katakan "Iblis menyamar sebagai malaikat terang"

      Saya sudah banyak menyingkap ciri-ciri dari pemimpin kultus di blog ini. Tolong pelajari lagi ciri-ciri khasnya seperti yg didefinisikan para ahli.

      Ciri-ciri utamanya adalah pemimpin kultus mengklaim telah ditentukan secara ilahi sehingga ia mendapatkan suatu hak legalitas utk MENJADI WAKIL ALLAH agar dapat mengontrol setiap aspek kehidupan para anggotanya agar beroleh keseragaman secara ketat utk taat dan tunduk kepadanya sehingga bisa dieksploitasi dari segi tenaga dan keuangan. Semuanya itu dilakukan dan dapat terjadi dng teknik psikologi yg disebut sebagai mind control.

      Misalnya saja, meskipun BP tidak pernah mengatakan dirinya adalah YEHUWA secara langsung, tetapi sering mengatakan "kehendak Yehuwa" faktanya, "kehendak Yehuwa" itu didefinisikan olehnya, bukan? Jika ada SSY yg menyimpang dari definisi yg dibuatnya, berarti "bukan kehendak Yehuwa" sehingga harus dihukum. Jadi BP disadari atau tidak oleh para SSY, BP lah yg menjadi Yehuwa. Karena BP adalah Yehuwa nya maka patut ditaati dan dihormati oleh seluruh SSY. Tidak taat dan tunduk maka SSY dihukum. Jadi meskipun SSY tidak melakukan tindakan "penyembahan dan perhormatan" seperti jemaat Katolik thp Paus tetapi efeknya lebih dahsyat lagi. Faktanya, setiap SSY "sangat takut dan ngeri" menghadapi BP. Buktinya, jika BP mengeluarkan suatu aturan atau anjuran --tentunya diklaim berdasarkan Alkitab dan kehendak Yehuwa -- akan ditaati oleh SSY, bukan?

      Bgm dng jemaat Katolik? Meskipun Paus mengklaim suksesi dng rasul Petrus, tetapi jemaat Katolik tidak memiliki kewajiban mutlak utk mentaati arah Paus. Semua diserahkan kepada hati nurani masing-2 jemaat.

      Mudah-2an ini menjawab pertanyaan Anda

      Ada pertanyaan lain?

      Salam kasih Tuhan Yesus

      Delete
    7. pak awi saya AL, mau tanya: 1. bagaimana tanggapan pak awi terhadap ayat di Dan 2:44. ortu saya mengatakan bahwa kerajaan2 di dunia ini milik setan sepenuhnya oleh karena itu pada akhirnya harus dibinasakan.

      2. ortu saya mengatakan bahwa pola2 penyelamatan Allah di alkitab dulu semuanya sama yaitu harus bergabung ke satu wadah yang sama baru diselamatkan. jadi ssy kata mereka meniru pola penyelamatan ini menjelang akhir dunia ini. bagaimana tanggapan pak awi ?

      Delete
    8. Ini jawaban saya atas 2 pertanyaan Anda:

      You said:

      bagaimana tanggapan pak awi terhadap ayat di Dan 2:44. ortu saya mengatakan bahwa kerajaan2 di dunia ini milik setan sepenuhnya oleh karena itu pada akhirnya harus dibinasakan.


      My reply:

      Seperti yg telah saya jelaskan bhw SSY telah keliru menafsirkan bahwa setan telah menguasai dunia ini 100%, termasuk pemerintahan2 dunia ini.

      Kita lihat Roma 13:1 yg mengatakan sumber dari pemerintahan:

      Tiap-tiap orang harus takluk kepada pemerintah yang di atasnya, sebab tidak ada pemerintah, yang tidak berasal dari Allah; dan pemerintah-pemerintah yang ada, ditetapkan oleh Allah.

      Alkitab jelas mengatakan sumber dari suatu pemerintahan adalah dari Allah. Nah, jika demikian bagaimana lalu Setan bisa menguasainya? Apakah berarti Allah kalah melawan Setan sehingga bisa dikuasai Setan?

      Dari Roma 13:1 ini membuktikan bahwa penafsiran SSY bahwa pemerintahan dunia ini 100% dikuasai Setan keliru krn sumber pemerintahan dr Allah menjadi wakil Allah utk membalaskan murka Allah atas mereka yang berbuat jahat (ayat 4).

      Renungkan fungsi pemerintahan sebagai wakil Allah. Masa wakil Allah dikuasai Setan?

      Seperti yg saya telah katakan utk batas-batas dan waktu tertentu memang Allah mengizinkan Setan berkuasa, tetapi TETAP yang berdaulat adalah Allah, bukan Setan atas dunia ini.

      Namun demikian, tidak dapat dipungkiri bahwa banyak oknum yg berada di balik pemerintahan adalah para penjahat yg perilakunya seperti Setan. Tetapi pada intinya pemerintahan yg ada berasal dari Allah dan Ia lah yg berdaulat dan mengontrol seluruhnya. Baca dan renungkan Roma 13.

      Mengenai Dan 2:44. Banyak penafsir Alkitab menafsirkan bahwa memang suatu saat pemerintahan Kristus menggantikan pemerintahan yg ada. Tetapi bukan utk membinasakan pemerintah2an krn pemerintah2an tsb dikuasai Setan. Melainkan memang sudah waktunya kerajaan Allah yg memerintah.

      You said:

      ortu saya mengatakan bahwa pola2 penyelamatan Allah di alkitab dulu semuanya sama yaitu harus bergabung ke satu wadah yang sama baru diselamatkan. jadi ssy kata mereka meniru pola penyelamatan ini menjelang akhir dunia ini. bagaimana tanggapan pak awi ?


      My reply:

      Biasanya SSY mengambil contoh bahtera Nuh sebagai pembenaran bahwa keselamatan itu dapat diperoleh dng bergabung masuk ke dalam bahtera sebagai wadah. Dalam kasus SSY, bergabung dng organisasi SSY baru bisa selamat.

      Teori SSY ini adalah keliru. Memang ada cerita bahtera Nuh maupun Musa yg membawa bangsa Israel keluar dari Mesir. Tetapi hal ini tidak membuktikan pola2 yg Ada di PL berlaku di masa PB.

      Mengenai pola Nuh sebagai pembenaran perlu adanya wadah merupakan kesimpulan sepihak dari SSY. TIDAK ADA PERNYATAAN TERSURAT dalam Alkitab yg mengatakan seseorang hrs bergabung dlm suatu wadah.

      Alkitab jelas mengatakan utk selamat percaya kepada Yesus, bukan bergabung dng suatu wadah agama. (Yoh 3:16)

      Kita bicara apa yg dinyatakan Alkitab, bukan spekulasi.

      Mudah2an INI menjawab pertanyaan Anda.

      Salam kasih Tuhan Yesus

      Delete
  4. Sdr AL,

    Saya ingin bertanya. Bolehkan Anda menjelaskan proses SSY memperoleh lektur terbitan Lembaga Menara Pengawal dihubungkan dng pemberian sumbangan sukarela? Misalnya,

    1. Apakah dng bebas seorang SSY mendapatkan lektur? Ataukah dijatah?

    2. Apakah setelah SSY mengambil publikasi lalu
    langsung memberikan sumbangannya?

    3.Pernahkah penatua menganjurkan memberikan sumbangannya lebih utk mendukung percetakan publikasi?

    4. Berapa sering SSY memberikan sumbangannya? Apakah setiap kali selesai berhimpun, atau setelah mengambil publikasi?

    5. Di Amerika, berlaku suatu ketentuan bagi SSY memberikan "iuran wajib bulanan" disamping sumbangan sukarela utk tujuan perluasan kerajaan, apakah di Indonesia berlaku hal demikian?

    Bisakah Anda menjelaskan akan hal ini dng panjang lebar? Terima kasih

    Salam kasih Tuhan Yesus

    ReplyDelete
    Replies
    1. pak awi yang saya hormati, kan sudah saya katakan saya sudah tidak bergabung lagi dengan saksi yehuwa jadi mana saya tahu perkembangan terbaru perihal yang pak awi tanyakan. dan lagi pula saya sudah lupa dan melupakan hal2 tersebut. maaf kalau saya tidak bisa menjelaskan hal itu.

      Delete
    2. Dear Sdr AL,

      Yup saya paham maksud Anda.

      BTW, ada seorang pembaca blog ini ingin bertanya via email kepada Anda masalah pribadinya sehubungam dng SSY. Tolong lihat email Anda ya.

      Salam

      Delete
  5. Planet bumi dan Dunia adl dua hal yg berbeda. Bumi cuma satu dan dalam wewenang penuh Allah. Iblis tidak bisa menciptakan tsunami, tornado, ataupun petir. Kemampuan iblis hanya berdusta dan berubah wujud.

    Dunia ada banyak, dunia bisnis, dunia internet, dunia anak2, dunia hiburan, dll. Dunia yg sifatnya kedagingan ini memang dikuasai setan. Coba saja nongkrong di perempatan jalan, berapa banyak yg nerobos lampu merah dalam sehari? Film bertema kekerasan justru laris. Berapa banyak orang kaya yg menghindari pajak? Kerusuhan Mei di Jakarta, orang baik2 tiba2 jadi penjarah mall. Dunia kedagingan lah yg dikuasai setan, bukan planet bumi. Jadi masalahnya bukan orang baik dikumpulkan jadi satu wadah dan orang jahat diberi batas pemisah diluar wadah. Itu sih kekanak2an

    Bagaimana kita bisa jadi terang dunia, dan garam dunia jika ngumpul nya cuma dengan orang baik saja?

    Beda Paus dengan Governing Body: Paus menerima usulan dari Kardinal atau Uskup dan menyampaikan pada umat untuk melihat feedback, kalau Governing Body otoriter, segala kritikan dari penatua disimpan di laci.

    Usulan itu bisa pengangkatan Santo/santa. Dogma ttg Maria asalnya dari Kardinal/uskup. Paus harus minta maaf atas inkuisisi, atas gembala di Jerman yg hidup mewah, BP lmp pantang minta maaf. Paus membuat arahan, hanya saja umatnya yg letoy, tapi Pastor wajib ikut hirarki, umatnya Letoy nggak pa pa. Tidak ikut arahan paus lebih karena belum bisa, tidak sempat, sibuk, bukan karena tidak setuju, misal ttg menghidupkan adorasi abadi, evangelisasi, pelajaran Alkitab, dll

    Berlutut dalam misa ke arah Paus, menunjukkan rasa hormat, sebab jarak antara Paus dan umat itu ada Pastor, Uskup, dan Kardinal, jadi tiga level itu wajar. Kalau Petrus mimpin misa kita mau berlutut, paus pun kita mau berlutut.
    Mencium tangan paus setelah misa itu karena dengan tangannya paus mencurahkan Roh Kudus. Yang tahu hal ini adalah kesempatan langka bisa mencium tangan paus. Tangan Uskup juga sering dicium usai misa dengan alasan sama.

    Mudah2an bisa sedikit Clear

    Salam
    AS

    ReplyDelete
    Replies
    1. Selain mencurahkan Roh Kudus, tangan paus lebih sering dipakai berdoa melebihi uskup atau kardinal. Umat yg sakit keras, pas ketemu paus minta doa, segala permasalahan minta doa juga, ada musibah gempa, paus ikut doa, ketemu tokoh politik ada doanya juga, mimpin rapat musti doa dulu, doa paus bisa lebih dari lima waktu dalam sehari semalam

      Selain itu tangan paus juga sering memegang Roti Hidup. Peralatan bait suci era Salomo saja tidak hilang kesuciannya di era Daniel, padahal rentang waktunya cukup panjang. Tangan paus dipandang mulia dan umat menciuminya, tidak bisa disalahkan.

      Salam
      AS

      Delete
    2. bung AS anda mengatakan "Kalau Petrus mimpin misa kita mau berlutut". kalau boleh tahu dimana ayatnya ya ? maksudnya apakah sudah ada contoh di abad pertama tentang hal tersebut ? terimakasih sebelumnya. AL.

      Delete
    3. Kalau dicari ayatnya nggak akan ketemu, sebab Katolik bukan sola scriptura. Kalau masuk gereja Katolik waktu misa berlutut dan berdiri sudah biasa. Tidak semua hal harus dicari ayatnya jika bisa dipertanggungjawabkan dengan akal sehat, contohnya Maria akan dirajam jika Yusuf menolak, kalau dicari ayatnya nggak bakal ketemu, tapi hal ini bisa dipertanggungjawabkan. Membaca Alkitab lebih indah jika melihatnya sebagai buku yang hidup. Jika semua2 ditulis lengkap, maka tebal kitab suci akan dua kali yang sekarang.

      Buku hidup itu artinya ketika kita baca kesekian kalinya buku yang sama akan terasa beda dan lebih tambah yang tidak tertulis. Buku yang mati buku sejarah yang harus ditambah terus halamannya, harus mengalami cetak ulang, buku matematika, buku fisika. Alkitab cukup segitu saja ketebalannya, tapi tidak pernah kering berabad abad dari cara bacanya menempatkan sbg buku yg hidup.

      Salam
      AS

      Delete
    4. Perlu ditegaskan Katolik tidak pakai sola scriptura, sola fide, sola christos, tapi tidak menyalahkan yang memakainya. Maksud dan tujuannya dapat dimengerti. Itu hanya masalah minor dan tidak perlu dibesarkan. Ini hanya masalah kecocokan tiap pribadi, apa yang dipandangnya lebih pas untuk tiap orang beda-2. Bukankah perbedaan itu terkadang indah, asalkan bedanya dapat dipertanggungjawabkan justru memperkaya hidup, bukan yang asal beda spt ajaran guru palsu.

      Salam
      AS

      Delete
    5. Jabatan Paus bukanlah jabatan yg glamor. Terlihat glamor dari pakaiannya yg indah, memegangi tongkat yg mahal, memakai topi yg menjulang. Jubah paus memang dibikin bagus, sama seperti jubah Harun yg dibikin dari bahan yg indah saat mempersembahkan korban bakaran.

      Bukan juga jabatan seremonial Alasannya simpel
      Murid akan dihakimi sbg murid
      Guru akan dihakimi sbg guru
      Paus akan dihakimi sbg mana tahbisannya
      Jadi jabatan paus bukan seremonial, tapi benar2 harus berfungsi, sebab pendahulu2 nya sudah banyak yg ditetapkan sbg orang Kudus, itu adl suatu beban tersendiri. Seperti kuliah di UI, ITB, dan UGM, bebannya lebih besar dari kuliah di universitas biasa. Mahasiswa MIT dan Harvard tentu bebannya juga lebih tinggi dari kuliah di UI.

      Salam
      AS

      Delete
    6. sangat sangat jelas dan membantu penjelasannya pak AS. terimakasih tuhan yesus memberkati.

      AL

      Delete
    7. pak Awi bisa minta tolong jelaskan tentang tritunggal dan neraka. kalau soal tritunggal saya sudah percaya 90 % tapi kalau soal neraka saya belum percaya sama sekali. seperti yang sy bilang andaikata kita manusia jahat terus seumur hidup kita yang pendek ini masa sih harus dihukum dengan penyiksaan apapun bentuknya untuk selama-lama nya ? terimakasih sebelumnnya

      AL

      Delete
    8. Dear sdr AL

      Mengenai doktrin Tritunggal, bagian manakah yg masih mengganjal? Subyek Tritunggal sangat luas. Jika Anda lebih spesifik akan memudahkan saya menjelaskannya.

      Salam kasih Tuhan Yesus

      Delete
    9. untuk doktrin tritunggal saya sudah paham dan percaya 90 %. hanya saja saya masih bingung untuk menjelaskannya ke sy. khususnya kalau saya ditanya oleh sy tentang tuhan yesus sewaktu di bumi bagaimana mungkin dia 100% Allah 100% manusia.juga tentang ayat 1 kor 15 : 28. diayat itu jelas2 dikatakan bahwa yesus akan menaklukan dirinya. kata sy bukankah yang ditaklukan lebih rendah hakikat atau derajatnya daripada yang menaklukan ? bagaimana penjelasannya pak awi?

      AL

      Delete
    10. Dear Sdr AL,

      Mengenai alasan orang Kristen percaya Tuhan Yesus 100% manusia dan100% Allah beserta subordinasi Kristus akan saya jelaskan kemudian karena doktrin ini perlu konsentrasi lebih dalam menjelaskannya. Namun utk kemudahannya, apakah Anda sudah memahami artikel saya mengenai maksud dari Trinitas?

      Saya janji akan tuntaskan semampu saya ganjalan yg Anda miliki, tp mungkin jawabannya agak lambat krn waktu saya agak ketat dibulan ini sehubungan dng perpajakan yg hrs diserahkan akhir bulan ini.

      Harap Anda bersabar ya.

      Mengenai masalah hukuman neraka yg berlaku selama-lamanya merupakan subyek yg agak ringan dibandingkan Trinitas. Kira2 begini jawabannya.

      Saya paham bahwa salah satu faktor SSY menolak neraka sebagai tempat penyiksaan kekal terkesan tidak masuk akal. Argument yg biasa dilakukan adalah mengapa seseorang yg melakukan dosa kecil dihukum kekal? Mengapa manusia melakukan dosa paling lama seumur hidupnya tetapi dihukum kekal, tentunya ini adil, bukan? Yg adil jika melakukan dosa 70tahun ya dihukumnya 70 tahun, bukan selama-2nya. Ini argument yg bersifat kedagingan Dan tidak dalam sudut pandang Allah.

      Jika kita ingin memahami ttg hukuman kekal, kita hrs melihat dr sudut pandang Allah memandang dosa.

      Pertama, Yakobus 2:10 mengatakan:

      LAI TB, Sebab barangsiapa menuruti seluruh hukum itu, tetapi mengabaikan satu bagian dari padanya, ia bersalah terhadap seluruhnya.

      Artinya bagi Allah tidak ada dosa kecil atau besar. Mencuri 1 biji beras sama hukumnya dng mencuri satu truck beras. Judulnya sama yaitu mencuri, bukan?

      Kedua, jika kita berdosa, kepada siapakah kita sebenarnya berdosa? Misalnya seseorang memperkosa. Apakah ia berdosa kepada orang yg diperkosa? Atau kepada Allah?

      Jika pemerkosa dihukum oleh hakim maka ia akan menghukum pemerkosa paling berat sepanjang umur manusia hidup. Mengapa? Karena pemerkosa bersalah kepada manusia yg memiliki batas umur.

      Namun demikian pemerkosa itu tidak saja bersalah kepada korbannya, lebih besar lagi kepada Allah! Ingat Daud yg berzina mengatakan:

      "Aku sudah berdosa kepada TUHAN." 2 Sam 12:13

      Artinya zinah dan pembunuhan Daud ITU sebenarnya berdosa kepada Tuhan. Betul?

      Nah, Hakim menghukum pendosa yg bersalah kepada manusia paling lama hanya sepanjang umur manusia hidup. Bagaimana dng manusia yg berdosa kepada Allah yg kekal?

      Bagaimana jawaban Anda, bung AL?

      Sudahkan Anda paham maksud saya?

      Salam kasih Tuhan Yesus

      Delete
    11. penjelasan pak awi saya paham tapi mungkin belum bisa saya imani. saya sebenarnya punya segudang pertanyaan, tapi berhubung pak awi sibuk tidak apa2 saya ajukan nanti saja. terima kasih pak tuhan yesus memberkati.

      AL

      Delete
    12. Mencuri 1 biji beras sama hukumnya dengan mencuri satu truk beras, sama2 kategori saja, tapi menggambarkan Allah yg sadis. Orang dewasa bisa paham tapi daya tangkap remaja atau anak jika di survey condong ke sifat sadis. Kalimatnya benar "hukumnya", tapi otak manusia bisa salah tangkap sbg "hukumannya sama", beda an doang tapi artinya fatal.

      Meskipun kalimatnya benar tetap saja terlihat kaku dalam memandang pelanggaran. Contohnya seorang bapak punya dua anak yg sama2 mencuri, A dan B. A mencuri recehan, B mencuri seluruh isi dompet dan kartu ATM. Kategori jelas sama tapi hukum dan hukumannya rasanya kok beda, mungkin Pak AWI harus koreksi contohnya. Dalam hal ini saya kurang setuju

      Sdr AL
      Jika Sdr melakukan pelanggaran dan dihukum dan masuk penjara, apa yg Anda dapat?
      Hukuman yg setimpal dan faktor X. Faktor X bisa remisi, bisa juga ketidakadilan karena di bully oleh napi lain.
      Jika kita berbuat dosa besar, sudah diberitahu akan dihukum kekal, itu sudah sangat adil. Yang tidak adil kalau tidak diberitahu tiba2 dihukum kekal. Faktor X nya, ada jalan keluar yaitu pertobatan. Bukankah ini super adil jika tidak mau dihukum kekal ya bertobatlah.
      Disebut kekal karena sudah akhir jaman, dimana planet matahari sudah tidak dibutuhkan lagi menurut wahyu. Sebulan artinya bumi mengitari mthr sebanyak 30kali. Jika tidak ada matahari bagaimana caranya menghitung sebulan? Itu artinya abadi.

      Berbagai pelanggaran/ dosa akan dinilai oleh hakim yg super adil yaitu Kristus sendiri

      Salam
      AS

      Delete
    13. Dear AL,

      Tidak apa2 koq adanya perbedaan. Gak harus APA yg Saya bicarakan Anda yakini kebenarannya.

      Pemahaman saya INI Saya dapat ketika mendengar kotbah seorang pendeta. Saya search juga di web, Ada pemahaman yg mirip dng Saya. Silahkan lihat

      http://www.gotquestions.org/Indonesia/neraka-adil.html

      Mudah2 penjelasan Situs tsb lebih bail Dari Saya

      Salam kasih Tuhan Yesus

      Delete
    14. Ralat
      Sebulan artinya bumi mengitari mthr seperduabelas

      Neraka adl tempat yg jauh dari rumah tinggal Bapa. Jika Bapa adl sumber kasih tak terbatas maka di neraka tidak akan ditemukan kasih. Penjara alcatraz adl neraka kecil, tempat yg tidak mengenal belas kasih, bahkan sipir dan kepala lapasnya ikut ketularan sadis. Pola baku penjara itu raja napi mendatangi newbie dengan gengnya untuk mengukur kekuatan nubie tsb. Padanannya Bapa tidak perlu mengotori tangan dengan menyiksa penghuni neraka, penghuni neraka sendiri yg saling siksa. Bapa hanya menempatkan penjaga pintu neraka saja sudah cukup. Guru palsu akan mengajarkan Bapa menyiksa kekal dengan tidak adil.
      Neraka adl pilihan manusia sendiri, bukankah sejak bayi sudah diberi kehendak bebas memilih yang baik atau yang jahat. Keputusan manusia sendiri.
      Guru palsu akan mengajarkan Bapa yang memasukkan semua pendosa besar maupun kecil ke dalam neraka, padahal Bapa sudah mengutus nabi, bahkan mengutus putraNya sendiri, supaya manusia tidak masuk neraka.

      Otomatis dosa kecil dibedakan dari dosa besar.
      Dosa besar: mengikuti guru palsu, hidup dengan cara fasik dan munafik, anti hukum kasih, durhaka, memberontak.

      Jika dosa kecil tidak dipisahkan, maka yang masuk surga cuma Maria yang tanpa dosa. Adam dan hawa makan buah terlarang. Salomo menghadiri acara istrinya yg memuja baal, Musa pernah keki dan memukul batu karang dengan tongkatnya, Petrus pernah menyangkal tiga kali, murid Yesus yang pernah mendambakan jabatan penting.

      Lantas kemana dosa kecil itu? Ditebus Yesus, bahkan dosa besar bisa ditebus jika bertobat.
      Jadi saya sangat tidak setuju dgn mencuri sebutir beras diatas
      Apa gunanya mencuri sebutir, minta aja dikasi kok sampai membahayakan keselamatan.

      Salam
      AS

      Delete
    15. Kenapa dibilang aroma sadis?
      Karena manusia diminta juga saling mengampuni.

      Salam
      AS

      Delete
    16. Dear Sdr. AL

      Silahkan Anda klik Link Kristologi: Apakah Yesus Tidak Setara Dengan Allah Bapa (1 Kor 11:3, 15:18)? untuk menjawab pertanyaan Anda:

      tentang ayat 1 kor 15 : 28. diayat itu jelas2 dikatakan bahwa yesus akan menaklukan dirinya. kata sy bukankah yang ditaklukan lebih rendah hakikat atau derajatnya daripada yang menaklukan ? bagaimana penjelasannya pak awi?

      Untuk pemahaman tentang Pribadi Yesus 100% Allah dan 100% manusia akan saya bahas kemudian.

      Salam kasih Tuhan Yesus

      Delete
  6. Dengan semangat memperkaya sudut pandang, saya mohon ijin menjelaskan kenapa Katolik tidak pakai sola fide, sola Christos. Jangan dipandang mengkatolikkan orang Kristen, karena ujung2nya semua menghadap Kristus dan mempertanggungjawabkan iman masing2.

    Simpel saja
    Santo dan Santa penobatannya berbasis perbuatan setelah iman tumbuh sebiji sesawi. Jika Fransiskus Xaverius menganut sola fide, beliau tidak usah ke Asia juga sudah terjamin akan selamat di kampung halamannya jadi Imam paroki, membaptis di kota kelahirannya.

    Selain Kristus, masih ada Maria, Maria Magdalena, Zakheus, janda yg melayani Elia membuatkan roti, wanita Samaria yg diselamatkan hanya karena berbincang2 dan imannya tumbuh sebiji sesawi. Meneladani total Maria ibu Yesus dijamin gereja Katolik saat penghakiman terakhir tidak akan disangkal Yesus. Meneladani Santo santa juga tidak akan disangkal Yesus. Ahok rasa2nya meneladani Zakheus yg tidak memungut uang rakyat tapi menyelamatkan APBD dari anggaran siluman. Tokoh2 kecil seperti Zakheus adl agen keselamatan, cabang dan ranting dari pokok anggur yg benar, sangat sayang jika dilewatkan

    Salam
    AS

    ReplyDelete
  7. Shaloom Pa Awi, salam jumpa lagi, luar biasa kesetiaan Pa Awi melayani, Shallom juga untuk AL dan AS, salam sejahtera dari Tuhan kita Yesus Kristus

    Buat AL, puji sukur kita panjatkan kpada Tuhan kita Yesus Kristus yang krn kasihNya mencurahka Roh Kudus kepadamu untuk membukakan mata hatimu dan melihat dengan iman bahwa kamu selama ini telah di sesatkan oleh LMP.

    Tetapi sama seperti dlm olahraga, memperoleh suatu prestasi puncak itu agak lebih mudah daripada mempertahankannya, raihlah prestasi puncakmu dalam imanmu yang baru yang mengakui Yesus Kristus sebagai Allah juruslamatmu dengan mulutmu di hadapan Tahta Allah dan jemaatnya lalu di baptis sebagai meterai pengakuan imanmu. Jadi AL, saran saya mulailah cari Gereja untuk tempatmu belajar lebih jauh lagi dan lebih banyak lagi bergaul dengan rekan2 seimanmu yang baru, karena kamu tidak bisa hidup terus terombang-ambing seperti sekarang yang mulai meragukan LMP tapi jg belum meyakini seutuhnya Keselamatan yang daripada Tuhan kita Yesus Kristus, mulailah dengan berdoa minta petunjuk Roh Kudus untuk menemukan Gereja tempat mu bernaung dan bertumbuh imanmu.

    Tuhan Yesus sangat mengasihimu AL, bersyukurlah dan terua berdoa, dan mudah2an suatu saat nanti Tuhan Yesus akan memakai kamu sebagai pemberita INJIL yg sejati bagi saudara2 kita yg masih terjebak dalam pengaruh organisasi Kultus berkedok agama Kristen yaitu anggota2 LMP yg bisa disebut saksi yehuwa

    Tuhan Yesus memberkati terus pelayanan Pa Awi dan juga memberkati semua pekerjaan kita, amen

    Salam
    Binsar

    ReplyDelete
    Replies
    1. Aleichem shalom,

      Wah sudah lama sekali ya Pa Binsar. Mungkin ada 3 tahun Bpk tidak berkunjung.

      Janganlah Bp terlalu memuji, nanti saya besar kepala. Saya hanya menjalankan beban yang saya harus tanggung . . . hutang saya kepada Tuhan Yesus atas keselamatan yang diberikan-Nya tidak cukup dibayar dengan apapun juga.

      Awalnya, saya kira 2 tahunan cukup menyingkap ajaran SSY, tetapi sudah hampir 4 tahun belum selesai juga rupanya karena begitu banyak kesesatan SSY yg harus saya singkap agar semua orang Kristen terhindar dari jeratan kultus dan jika memungkinkan memperingati dan mengembalikan orang-orang Kristen yang menjadi SSY agar mereka kembali kepada Yesus Kristus yang adalah Sang ALLAH sejati karena SSY akui atau tidak, suatu hari akan terjadi penggenapan dari Filipi 2:10-11, yaitu mereka akan berlutut di hadapan pengadilan Kristus dan mengakui bahwa Yesus adalah TUHAN, Sang Pencipta:

      supaya dalam nama Yesus bertekuk lutut segala yang ada di langit dan yang ada di atas bumi dan yang ada di bawah bumi, dan segala lidah mengaku: "Yesus Kristus adalah Tuhan," bagi kemuliaan Allah, Bapa!

      Saya juga berdoa untuk Sdr. AL agar ia benar-benar dipakai oleh Allah untuk menjadi penginjil sejati karena memang menjadi beban Sdr AL untuk menyingkap kepalsuan organisasi SSY karena jika sekarang ia tahu bagaimana harus melakukan yang baik, tetapi ia tidak melakukannya, ia berdosa (Yak. 4:17)

      Terima kasih atas doa-doa Pa Binsar karena saya yakin berkat doa-doa orang Kristen lah memampukan saya untuk mengerjakan ini sampai detik ini.

      Semoga Tuhan Yesus memberkati pelayanan Pa Binsar di gereja dan juga pekerjaan sekulernya.

      Salam kasih Tuhan Yesus

      Delete
    2. Salam Kasih Tuhan Yesus Pa Awi......

      3 Tahun tidak berkunjung kesini....?? Selama itu kah...? Ngga lah Pa Awi....mungkin maksud Pa Awi berkomentar, itupun sy rasa tidak selama itu, saya selalu berkunjung kok Pa, saya selalu rindu belajar dari tulisan2 Pa Awi yang secara khusus membahas penyimpangan2 LMP tapi saya bisa belajar banyak jg utk tidak terjerat cara2 kultus lainnya yg skrg ini bnyk beredar mencoba menyesatkan.....

      Berkat tulisan2 Pa Awi, saya rasa bukan hanya saya saja, mungkin banyak pembaca lainnya yg sekarang ini dengan sederhana saja dapt mendeteksi aliran2 baru yg memakai 'kekristenan' padahal sebenarnya organisasi Kultus.

      Yang terpuji akhirnya adalah nama Tuhan kita Yesus Kristus, betapa apabila kita bersandar dan ber rendah hati pada bimbingan Roh Kudus kita tidak mudah terombang ambing oleh ajaran2 palsu yang di nubuatkan akan banyak beredar menjelang akhir zaman. Dan Tuhan Yesus selalu memberikan pertolongan2 melalui hamba2Nya spt Pa Awi, dan Pa Awi2 lainnya karena saya teringat janji Tuhan bahwa Dia tidak akan membiarkan anak2Nya berjalan sendirian.

      Tuhan memberkati terua pelayanan Pa Awi, Pa Awi diberikan terus kekuatan dan kesehatan dan kecukupan materi dan hikmat yg tidak berkesudahan, Amen

      TUHAN YESUS MEMBERKATI KITA

      Salam
      Binsar

      Delete
    3. Salam kenal utk Bpk Binsar

      Sekarang tugas Pak Binsar yg tinggal dikelilingi komunitas ssy jadi lebih ringan. Masyarakat tidak usah lagi mengusir tamu tak diundang, krn kegiatan dinas sudah mandek. Tugas pejabat pengurus PGI jadi lebih ringan dalam mensikapi ssy. Tugas uploader video YouTube anti ssy jadi lebih ringan. Tugas rohaniwan pada umumnya juga terbantu. Itu intinya

      Sebaliknya tugas para saksi jadi makin berat. Pergi dinas berdua2 jadi momok menakutkan. Hidup saksi jadi tambah berat, fobia militer, kok malah belajar tiarap, belajar gerilya. Tugasnya menjual majalah yg terkenal berdusta. Tugasnya merawat tumpukan publikasi lama yg harus dibela. Makin lama makin amsiong. Kasihan ya
      Nasib majalah itu beberapa th lalu dibawa kemana2 dg aman, sekarang cukup parkir di rak buku saja, sudah tidak disimak seperti dulu lagi, kini jadi pajangan pun tidak berharga krn ada huruf Capslock WATCHTOWER nya gede2.

      Harap Pak Binsar tidak bosan dg saya.

      Horas
      AS

      Delete
  8. Re-post komen yg terhapus

    Apakah hidup saksi dibimbing oleh Roh Allah? Tidak !
    Justru para saksi tiap saat menggali jurang yg lebar dan dalam, memisahkan diri dari Allah Tritunggal.

    Salam
    AS

    ReplyDelete

Tolong SEBUTKAN Nama Atau Initial Anda saat memberi komentar agar memudahkan Mitra diskusi Anda mengidentifikasikan Anda.

Non Kristiani, mohon tidak memberi komentar.

Jika Anda ingin komentar, silahkan klik DI SINI DULU

.